19
Sep

Peningkatan Pelayanan Kepegawaian Kanreg XII Pekanbaru Melalui Single Database dan Transformasi Digital

Jakarta – Humas BKN, Demi menjawab tantangan sistem informasi yang akurat dan mudah diakses oleh stakeholders pada era Revolusi Industri 4.0, diperlukan sebuah langkah strategis guna meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya seperti yang dijelaskan dalam Perpres No 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Maka Kantor Regional (Kanreg) XII BKN Pekanbaru menyelenggarakan koordinasi kepegawaian se-Wilayah Kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru guna membahas Integrasi Data PNS Menuju Single Database dan Transformasi Digital Arsip Kepegawaian. “Acara ini sebagai langkah strategis untuk mengantisipasi arsip kepegawaian manual, yang diharapkan dapat meningkatkan layanan kepegawaian di Kanreg XII BKN Pekanbaru”, ungkap Margi Prayitno Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru.

Deputi Sistem Informasi Kepegawaian (SINKA) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen menjadi narasumber sekaligus juga membuka acara yang diselenggarakan pada Kamis (19/09/2019), di Hotel Santika TMII, Jakarta Timur. “Integrasi data menjadi penting, agar kita bisa menjalankan kebijakan dan manajemen ASN secara adil dan wajar berdasarkan sistem merit, dengan begitu kepastian suatu karir ASN bisa terjamin dalam satu kesatuan sistem”, ungkap Suharmen. Turut hadir Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian (PSIK) Bajoe Loedi dan Direktur Pengolahan Data (Lahta) dan Informasi Pegawai Heny Sri Wahyuni juga dalam acara tersebut.

Kemudian, Aplikasi SI ASN dan MySAPK 2.0 juga diperkenalkan sebagai dashboard monitoring dan mekanisme updating data secara mandiri pada proses data Kepegawaian kepada para tamu undangan. Harapannya integrasi data PNS Menuju Single Database dan Transformasi Digital Arsip Kepegawaian ini dapat mengontrol untuk pelayanan bisa lebih cepat.

Selain itu, acara yang dihadiri oleh perwakilan dari 41 Instansi provinsi, kabupaten dan kota Wilayah Kerja Kanreg XII BKN Pekanbaru ini merupakan sebuah bentuk penyegaran pekerjaan agar mampu memberikan informasi ini secara luas kepada semua pihak, dan dapat mensosialisasikannya kembali di unit kerja masing-masing. Dalam acara ini juga diumumkan pemenang Kanreg XII BKN Awards 2019, sebagai bentuk penghargaan atas performa bagi instansi di Wilayah kerja Kanreg XII BKN Pekanbaru demi terciptanya pelayanan publik terbaik. nov