20
Jun

Penyerahan LHP atas LK Kementerian/Lembaga tahun 2014 di Lingkungan Auditoriat Utama

Rekomendasi BPK Harus Ditindaklanjuti Secara Cermat

Jakarta-Humas BKN, Rekomendasi yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pengelolaan keuangan dan barang milik negara (BMN) kepada instansi pemerintah harus dapat ditindaklanjuti secara cermat dan cepat, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima hasil laporan pemeriksaan, di Istana Bogor beberapa waktu lalu.  Hal ini ditandaskan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada event penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan (LK) Kementerian/Lembaga tahun 2014 di Lingkungan Auditoriat Utama  Keuangan Negara III (AKN III), di Auditorium BPK Jakarta, Senin (15/6). Penyerahan LHP BPK atas LK Kementerian/Lembaga Tahun 2014 diberikan kepada entitas yang menjadi wilayah kerja AKN III BPK merupakan wujud nyata dan komitmen guna menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan transparan. Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana serta para pejabat terkait lainnya.

Pratikno pun menggarisbawahi bahwa dengan berbagai rekomendasi yang diberikan BPK, instansi pemerintah terbantu dalam menghadapi dan mengelola berbagai risiko sekaligus pada saat yang sama pelaksanaan tugas tercapai dengan maksimal. “Risiko-risiko ini antara lain mencakup risiko audit dan risiko hukum,”ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota III BPK Eddy Mulyadi Soepardi didampingi AKN III BPK Rochmadi Saptogiri menandaskan bahwa tujuan utama pemeriksaan laporan keuangan adalah untuk memberikan keyakinan yang memadai, apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia, atau basis akuntansi komperehensif selain prinsip akuntansi yang berlaku umum di indonesia. (Aman-Kis)