31
Jul

Per 31 Juli 2018, BKN Blokir 307 Data PNS Pelaku Korupsi Bertatus Inkracht

Jakarta-Humas BKN, BKN telah melakukan pemblokiran data kepegawaian terhadap 231 ASN yang terbukti melakukan tindak Pidana Korupsi. Hingga saat ini langkah tersebut masih terus berlanjut dan tercatat Per 31 Juli 2018 BKN telah melakukan tindakan serupa berupa pemblokiran data kepegawaian terhadap 307 PNS pelaku korupsi dengan status inkracht. Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN, I Nyoman Arsa dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (6/8/2018) di Ruang Mawar, Kantor Pusat BKN.

Pada kesempatan itu I Nyoman Arsa mengatakan “Menindaklanjuti pemblokiran data kepegawaian bagi ASN tipikor tersebut, ke depan ada sejumlah hal yang akan dilakukan BKN””, yakni 1.Pemberian konsultasi kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sebagai wujud law enforcement ; 2.Kerja sama dan koordinasi kepada instansi/pejabat terkait untuk secara bersama-sama mengawal ditaatinya UU ASN; 3. Jika terjadi pembiaran berlarut maka agar diterapkan UU NO. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan Pasal 80, 81 dan 82 yang mengatur jenis pelanggaran & sanksi yang dapat diterapkan bagi Pejabat Pemerintah.

Nyoman melanjutkan dalam menindaklanjuti penanganan kasus ASN Tipikor yang masih aktif di birokrasi, BKN menggandeng sejumlah instansi terkait untuk bersinergi di antaranya Kementerian PAN RB, Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Pemberantasan Korupsi. des/dep