28
Okt

Percepat Layanan Kepegawaian, BKN Resmikan UPT Balikpapan.

Jakarta – Humas BKN, Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada Senin (28/10/2019) Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali meresmikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) bertempat di Kota Balikpapan. Hadir meresmikan UPT tersebut Kepala BKN Bima Haria Wibisana bersama Walikota Balikpapan M. Rizal Effendi turut hadir Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen, Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin dan juga Perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Balikpapan.

UPT BKN Balikpapan menjadi UPT ke-19 yang diresmikan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana. “Dengan hadirnya UPT BKN mendekatkan jangkauan pelayanan kepegawaian kepada publik serta mendukung efektivitas dan efisiensi pelaksanaan sistem merit khususnya bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah. Di samping itu, kehadiran UPT Balikpapan diharapkan akan mendukung kelancaran pelaksanaan rekrutmen CPNS 2019 yang akan segera digelar” Kata Kepala BKN. Bima juga menyampaikan kehadiran UPT juga untuk mewujudkan Indonesia maju melalui sistem rekrutmen yang transparan, akuntabel serta mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia, “Penerimaan CPNS tahun 2019 diprediksi pendaftar mencapai 5 juta pendaftar, didirikannya UPT BKN adalah memfasilitasi peserta seleksi semakin mudah menjangkau lokasi tes dan diharapkan akan terjaring SDM aparatur dengan integritas dan kompetensi tinggi yang akan berkontribusi positif bagi kemajuan birokrasi” tuturnya.

Sementara itu dalam sambutannya Walikota Balikpapan mengapresiasi kehadiran UPT BKN Balikpapan, ia berharap kehadiran UPT BKN Balikpapan akan mendorong pengembangan kompetensi ASN di lingkungan Kota Balikpapan sehingga profesionalisme, kinerja dan kompetensi ASN menjadi lebih baik dan penyelenggaraan pemerintah berjalan efektif dan efisien “Kehadiran UPT Balikpapan akan sangat membantu kita dalam pelayanan dan pengurusan kebutuhan ASN menjadi lebih optimal khususnya menjelang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019” kata Walikota Balikpapan M. Rizal Effendi.

Kantor UPT BKN Balikpapan tersebut akan dipergunakan selama 5 tahun terhitung tanggal 7 Februari 2019 sesuai dengan Perjanjian Pemanfaatan Barang Milik Daerah tentang Pinjam Pakai Tanah dan Bangunan antara BKN dengan Pemerintah Kota Balikpapan dan berlokasi di Jalan Marsma Iswahyudi Nomor 40 Kelurahan Damai Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan, dan memiliki luas tanah 2.218 m2 dan luas bangunan 724 m2. UPT BKN Balikpapan merupakan UPT ketiga yang diresmikan oleh Kepala BKN pada Tahun 2019 dan sudah dilengkapi dengan ruang Computer Assisted Test (CAT) dengan jumlah 50 kumputer dan merupakan UPT yang berada dalam wilayah kerja kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, sama seperti UPT BKN Palangkaraya dan UPT BKN Tarakan. ary/kaw