20
Okt

Perencanaan Kebutuhan BMN Demi Cegah Pengadaan Tidak Efektif

penghargaan1

Kepala BKN, Bima haria Wibisana ( Depan, tengah) berfoto bersama para penerima penghargaan (Foto : Rovi)

Lombok – Humas BKN , Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) merupakan salah satu fungsi dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) agar berjalan secara efektif, efisien dan akuntabel, hal tersebut juga menjadi kunci dalam menjawab permasalahan inefisiensi anggaran, pengadaan yang tidak efektif serta kurang optimal dalam pemanfaatan BMN.

“Perencanaan Kebutuhan BMN merupakan dasar dalam pengadaan barang/jasa dan pengelolaan BMN yang baik, hal ini merupakan satu nafas sehingga harus sinkron dan tidak bisa berdisi sendiri” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pengadaan Barang/Jasa dan Penyusunan Rencana Kebutuhan BMN di Lombok beberapa waktu lalu.

Menghadirkan Narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Syihabudin menjelaskan bahwa dalam Proses penyusunan RKBMN harus memperhatikan beberapa faktor seperti, ketersediaan aset (eksistensi aset) yang sudah ada, berpedoman pada standar barang dan kebutuhan serta berdasarkan rencana strategis atau rencana kerja Kementerian/Lembaga kedepan. Syihabudin juga menyampaikan bahwa penyusunan RKBMN dilaksanakan oleh setiap satuan kerja untuk proses pengadaan dan pemeliharaan barang dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN).

Sedangkan terkait Pengadaan Barang/Jasa, narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), Baihaki menyampaikan bahwa pelaksanaan pengadaan barang/jasa harus melalui pemilihan penyedia barang/jasa yang baik untuk selanjutnya setelah barang/jasa tersedia, dilakukan pemeriksaan hasil pekerjaan secara menyeluruh seperti sensory and dimensional check, performance check dan destructive test.

Dalam kesempatan ini Kepala BKN didampingi Sekretaris Utama, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian (SINKA) serta Kepala Biro Umum BKN memberikan penghargaan kepada Kantor Regional BKN sebagai wujud apresiasi atas kinerja baik yang telah dilakukan dalam Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa, Pengelolaan Aset BMN dan Pengelolaan Barang Persediaan. Berikut daftar Kantor Regional BKN yang mendapatkan penghargaan :

NO KATEGORI Pemenang PERINGKAT
1 Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Kantor Regional XII BKN Pekanbaru 1
Kantor Regional X BKN Denpasar 2
Kantor Regional VI BKN Medan 3
2 Pengelola Aset BMN Kantor Regional I BKN Yogyakarta 1
Kantor Regional X BKN Denpasar 2
Kantor Regional VII BKN Palembang 3
3 Pengelola Barang Persediaan Kantor Regional XII BKN Pekanbaru 1
Kantor Regional X BKN Denpasar 2
Kantor Regional VII BKN Palembang 3

 

Dan sebagai juara umum diberikan kepada Kantor Regional XII BKN Pekanbaru yang meraih juara pertama pada kategori Pengadaan barang/Jasa dan Pengelolaan Barang Persediaan. Dengan pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat kepada seluruh satuan kerja untuk melakukan manajemen aset yang lebih baik dengan penuh komitmen dan konsistensi.Rovi/As3