15
Feb

Perkembangan TIK dan Tren Diseminasi Digital Tuntut Revitalisasi Peran Pengelola Kehumasan

Depok-Humas BKN, Semakin pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta tren diseminasi informasi secara digital menuntut revitalisasi peran pengelola kehumasan pada instansi Pemerintah. Demikian disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Pembinaan Jabatan Fungsional Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nursodik Gunarjo di sela-sela Rapat Pembahasan Butir Kegiatan Jabatan Fungsional Pranata Humas pada Jumat, (15/2/2019) di Depok, Jawa Barat.

Lebih jauh Nursodik menyampaikan bahwa perkembangan TIK berdampak pada perubahan definisi, tugas, dan ruang lingkup para pengelola kehumasan terutama Pranata Humas. Selain itu munculnya digital media, menurut Nursodik perlu disikapi dengan menyiapkan berbagai konten kreatif dalam melakukan diseminasi informasi.

Nursodik melanjutkan bahwa saat ini kegiatan kehumasan sudah masuk ranah yang bersifat strategis dan manajerial sehingga membutuhkan keahlian kehumasan yang tinggi. Di sisi lain, Nursodik menyampaikan juga bahwa pekerjaan kehumasan harus menyesuaikan dengan sejumlah regulasi baru. “Dengan berbagai alasan tersebut, perlu segera melakukan revitalisasi pengelolaan kehumasan, sekaligus butir kegiatan JF Pranata Humas,” tegas Nursodik. bal