18
Okt

Perlunya Pemahaman Tentang Ketahanan Nasional dan Bela Negara

Jakarta – Bumas BKN. Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) menggelar Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas), Rabu (18/10/2017), dengan mengangkat tema Tugas dan Fungsi Dewan Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Forum Tematik yang dihadiri para praktisi humas kementerian/lembaga yang tergabung dalam Badan Koodinasi (Bakohumas) tersebut digelar dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang Wantannas yang mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional dan bela negara guna menjamin pencapaian tujuan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Pertahanan Keamanan Mayjen Totok Siswanto menyampaikan bahwa tantangan saat ini ada 4 hal yang dihadapi oleh bangsa indonesia, yaitu :
1. Menyangkut masalah pemahaman dan penghayatan  tdp konsensus dasar bangsa yg masih rendah.
2. Rasa memiliki thdp bangsa dan negara yg masih lemah.
3. Pembelaan negara belum optimal.
4. Kondisi ketahanan nasional secara umum dalam lima tahun terakhir dinilai kurang tangguh.( hasil labkurtanas lemhanas, november 2009).

Totok siswanto menambahkan bahwa Kita perlu bela negara karena posisi indonesia adalah sangat penting, negara kita mempunya potensi yg luar biasa, kemudian banyak dinamika tantangan dalam perkembangan dan perubahan ancaman terhadap kelangsungan bangsa dan negara. HER/VIN

Peserta Bakohumas berfoto bersama dengan narasumber di akhir acara. (foto: Vin)