06
Apr

Peroleh BKN Award 2020 Pacu BPK Lakukan Revitalisasi Assessment Center

BKN Award diserahkan secara simbolis oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana kepada Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono. Doc:des

Jakarta – Humas BKN, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi salah Instansi Pemerintah yang berhasil meraih BKN Award 2020 dengan kategori Penilaian Kinerja Terbaik. Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana kepada Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono, Selasa (06/4/2021) di Gedung BPK Perwakilan DKI Jakarta. Penyerahan simbolis BKN Award tersebut juga diikuti kegiatan peresmian new assessment center di lingkungan BPK dengan melibatkan partisipasi dari Pusat Penilaian Kompetensi ASN atau Puspenkom BKN.

Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arief menyebutkan bahwa BPK tengah melakukan revitalisasi assessment center untuk diselaraskan dengan rencana akreditasi yang akan dilakukan oleh BKN selaku pembina penyelenggaraan penilaian kompetensi di lingkungan pemerintah. Lanjut Bachtiar, proses revitalisasi sudah berjalan sejak Juli 2020 dan perubahan sistem kerja akibat pandemi covid-19 yang mengakibatkan keharusan pelaksanaan asesmen melalui media daring, menjadi salah satu momentum BPK lakukan revitalisasi assessment center BPK.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengapresiasi upaya BPK dalam melakukan revitalisasi assessment center dan berkomitmen menerapkan sistem merit, khususnya dalam pengelolaan SDM. Menurutnya, setiap ASN sudah seharusnya mengetahui jenis talent yang dimilikinya dan membangun rencana kariernya bahkan sejak awal memasuki lingkup instansi. Dengan mengetahui talent dan memiliki rencana kariernya, instansi dapat menyediakan peningkatan kompetensi sesuai kebutuhan talent masing-masing pegawai. Selain itu kata Bima, metode assessment center masih menjadi pilihan metode penilaian kompetensi ASN karena menunjukkan akurasi yang tinggi.

Doc: Des

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono juga mengungkapkan bahwa keberhasilan BPK dalam penerapan sistem merit tidak terlepas dari dukungan assessment center. Untuk itu Ia berharap layanan assessment center BPK segera memperoleh uji kelayakan/akreditasi dari BKN selaku pembina penilaian kompetensi ASN. Terakhir, Ia juga mengapresiasi upaya BKN dalam memacu seluruh instansi untuk menerapkan sistem manajemen ASN berbasis sistem merit, salah satunya melalui ajang BKN Award. des