08
Jul

Peroleh Surat Pencatatan Ciptaan, CAT BKN Mantap Melangkah

Peroleh Surat Pencatatan Ciptaan, CAT BKN Mantap Melangkah

DSC_0022 1

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN Aris Windiyanto diwawancarai Biro Humas (Dika)

 

Jakarta-Humas BKN, Kini, Computer Assited Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) kian mantap melangkah usai memperoleh Surat Pencatatan Ciptaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), yang ditandatangani Direktur Hak Cipta, Desain Industri. Desain Tata Letak, Sirkuit Terpadu, dan Rahasia Dagang Yuslisar Ningsih pada 22 April 2015. Statemen ini ditegaskan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN Aris Windiyanto kepada Biro Humas yang menyambangi ruang kerjanya di BKN Pusat Jakarta, Selasa (7/7).

surat

Surat Pencatatan Ciptaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Aris Windiyanto menggarisbawahi bahwa Surat Pencatatan Ciptaan berlaku selama 50 tahun sejak CAT BKN secara perdana diumumkan kepada masyarakat luas pada 30 Mei 2013. Menurutnya, surat tersebut berimplikasi positif pada CAT yang asli digagas dan dikembangkan BKN ini. “Surat bernomor 072904 semakin mengukuhkan eksistensi CAT BKN, baik secara de jure maupun secara de facto ”ujarnya.

Beliau pun mengungkapkan, sebelum CAT BKN mendapat Surat Pencatatan Ciptaan dari Kemenkum HAM, ada lembaga swasta yang mengadakan Simulasi Tes Penerimaan CPNS dengan mengatasnamakan CAT BKN. Padahal, BKN sama sekali tidak bekerja sama untuk Simulasi Tes Penerimaan CPNS dengan pihak tersebut. “Kami berharap masyarakat mewaspadai hal ini agar peristiwa serupa tidak terulang lagi,”ucapnya.

Diutarakan pula bahwa CAT BKN bukan digunakan untuk penerimaan CPNS semata, namun juga seleksi jabatan, kenaikan pangkat,penyesuaian ijazah, ujian dinas, serta kebutuhan kepegawaian lainnya. Dijelaskan, CAT yang merupakan salah satu Quick Wins (layanan unggulan) BKN tersebut digunakan pada penerimaan CPNS tahun 2013 oleh 73 instansi. ”Ada pun pada penerimaaan CPNS 2014, 387 instansi pemerintah pusat dan daerah yang memanfaatkan CAT BKN,”ungkapnya. (Aman-Mia-Dika)