25
Des

Pertamakali Seleksi Pakai CAT BKN, BP Batam Tak Ragu Gunakan Kembali

Jakarta-Humas BKN, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) pertama kali menggunakan CAT BKN untuk seleksi awal Jabatan Pimpinan selevel direktur dan general manager. Kendati demikian, Kasubag Mutasi BP Batam Eric mengaku tak ragu untuk menggunakan CAT BKN kembali untuk menyeleksi pegawai di instansinya, Rabu (23/12).

1914497_713511518780480_3197970500943864661_n

Tim Humas BKN saat wawancara dengan Kasubag Mutasi BP Batam, Eric

“Instansi kami tahu dari instansi-instansi lain yang telah melakukan open recrutment dengan CAT BKN. Mereka merekomendasikan kami untuk memakai CAT dan memberitahu mekanisme dan tahapan-tahapan seleksi dengan CAT yang lebih transparan dan hasilnya langsung diketahui oleh peserta serta lebih fair. Karena itu, kita akan pakai CAT BKN lagi untuk menyeleksi pegawai-pegawai kita selanjutnya,” tutur Eric saat diwawancarai tim Humas di stasiun CAT BKN.

Sementara itu, peserta yang mengikuti seleksi jabatan pimpinan awalnya berjumlah 15 orang. Namun, 2 orang tidak menghadiri tes dan langsung dinyatakan gugur. Tes menggunakan CAT ini merupakan tahapan awal seleksi yang terdiri dari 100 soal. 35 materi soal diperoleh dari BKN yang berisi pertanyaan seputar jabatan struktural, sedangkan materi lainnya diperoleh dari BP Batam .

Peserta nantinya akan melalui tahapan penyeleksian lain oleh tim pansel, seperti tes wawancara. Sistem seleksi yang menggunakan sistem ranking ini nantinya akan menjaring peserta yang dinyatakan lolos dan layak menduduki jabatan pimpinan oleh tim pansel untuk kemudian direkomendasikan kepada pimpinan. mia