19
Okt

Peserta Seleksi CPNS Formasi Disabilitas Suntikkan Semangat dan Kegigihan dalam Berkompetisi Sehat

Jakarta-Humas BKN, Kebijakan pemerintah dalam penetapan kriteria formasi CPNS 2017, melalui PermenPANRB Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2017 menetapkan formasi khusus bagi penyandang cacat/disabilitas untuk ikut berkompetisi dalam birokrasi. Dalam PermenPANRB tersebut dijelaskan bahwa penyandang disabilitas masuk dalam kategori prioritas jabatan pengadaan CPNS yang khusus dialokasikan untuk instansi pusat dengan kriteria yang ditetapkan masing-masing instansi sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Menyorot beberapa peserta penyandang disabilitas yang menjalani SKD, mereka memberikan inspirasi berupa semangat dan kegigihan dalam menjalani kompetisi dengan sehat. Salah satu peserta disabilitas, Syai’ul Ma’ruf yang melamar pada Kementerian Pertanian (Kementan) dan menjalani tes di Hotel Prima, Yogyakarta, Rabu (18/10/2017) dalam kolom komentarnya pada laman facebook BKN menyampaikan apresiasi kepada panitia seleksi khususnya petugas pengawas di lokasi ujian. Dalam komentarnya Syai’ul menuliskan kepuasannya terhadap pelayanan yang diberikan panitia sehingga dirinya tidak mengalami kendala dalam menjalani tes. “Saya sangat puas dengan pelayanan tim BKN, saya formasi disabilitas, panitia ramah dan mengetahui kondisi peserta,” tulisnya.

Di bagian lain, petugas pengawas CAT SKD dari Kanreg I BKN Yogyakarta, Kamis (19/10/2017) juga mendampingi peserta formasi disabilitas yang melamar pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ahmad Tosirin Anaessaburi. Ahmad Dibantu oleh tim pengawas SKD CAT, Sumantri hingga dapat mengikuti SKD dengan lancar.

Ahmad Dibantu oleh tim pengawas SKD CAT, Sumantri.(dok.KanregIBKN)

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Asman Abnur, Kamis (19/10/2017) mengunjungi pelaksanaan SKD Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Maria Convention Hall, Pulogadung Jakarta Timur. Dalam kunjungannya, MenPAN RB sempat berbincang-bincang dengan peserta, menanyakan nilai yang diraih salah seorang peserta dan juga target karier yang akan disasar jika yang bersangkutan diterima sebagai CPNS Kemenkeu . Kepada Menteri, peserta tersebut menjawab, “Saya ingin menjadi Menteri Keuangan,” ujarnya sambil tersenyum.
Dalam kunjungannya MenPAN RB didampingi sejumlah pejabat di antaranya Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN RB, Setiawan Wangsaatmaja dan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Iwan Hermanto. des/dep

MenPAN RB menanyakan nilai yang diraih salah seorang peserta.(foto: Dini)