26
Okt

Pilihan Gaya Bahasa, 1 Kunci Jitu Kemas Informasi Produk Instansi jadi Menarik

Seminar Meetup #14 Social-Knowledge-Sharing dalam rangka memperingati HUT ke 50 LIPI. (foto: win)

Jakarta-Humas BKN, “Public Relation (PR) terkadang mempunyai masalah untuk berkomunikasi dengan publik.” Pernyataan itu disampaikan Ika Sastrosoebroto, narasumber dalam acara seminar Meetup #14 Social-Knowledge-Sharing dalam rangka memperingati HUT ke 50 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  Rabu (25/10/2017), di Balai Kartini Expo. Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas (BKHH) LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas, Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pertamina Farah Mulyasari, moderator acara Dyah Rachmawati yang juga Wakil Ketua Umum Iprahumas, Pranata Humas LIPI dan perwakilan humas berbagai instansi termasuk dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Perwakilan humas berbagai instansi menghadiri seminar. (Foto: win)

Perwakilan humas BKN mengunjungi pameran pengisi acara peringatan HUT LIPI, yang rencananya dibuka untuk umum sampai hari ini. (foto: dok.Pribadi)

Pada acara tersebut, Ika Sastrosoebroto juga menekankan bahwa humas haruslah dapat mengolaborasi segala jenis produk instansi dan mengemasnya secara khusus hingga publik tertarik. “Kemaslah informasi apapun mengenai produk instansi dengan semenarik mungkin karena masyarakat saat ini lebih melihat ‘packaging’ ketimbang ‘isi’,” jelas Ika. Salah satu hal yang bisa mendukung pengemasan informasi atau produk agar menjadi menarik adalah pemilihan gaya bahasa yang disesuaikan dengan karakteristik segmen yang dituju. Selain itu, sambung Ika, infografis juga dapat digunakan untuk mengemas informasi salah satunya yang berupa hasil-hasil penelitian agar publik lebih mudah dalam mencerna isinya. dey/win