20
Mei

PIP Semarang Sukses Gelar SKD Sipencatar Kementerian Perhubungan Tahun 2019

Semarang-Humas BKN, Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Kementerian Perhubungan Tahun 2019 telah selesai digelar. Tercatat terdapat 25.245 dari total 27.050 pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti SKD dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Memperebutkan 2.676 formasi yang terbagi dalam 13 Sekolah Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, ujian SKD dilaksanakan di 39 titik lokasi mulai dari hari Rabu (15/5/2019) hingga hari Minggu (19/5/2019).

(foto: wik)

Dari data yang masuk ke BKN terdapat 23.904 peserta yang mengikuti ujian SKD dengan titik peserta terbanyak berada di titik lokasi ujian Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Direktur PIP Semarang, Capt. Mashudi Rofik menyampaikan terdapat 2.558 peserta yang akan mengikuti pelaksanaan ujian SKD Sipencatar di PIP Semarang dengan pelaksanaan ujian selama 4 hari (15/5/2019-18/5/2019) dibagi dalam 4 sesi per harinya. “Ini adalah tahun kedua Kementerian Perhubungan melaksanakan seleksi penerimaan calon taruna dengan menggunakan CAT BKN dan sejauh ini kami sangat puas. Selain transparan, sistem ini efektif menjaring yang terbaik” ungkapnya.

Di tempat yang sama Kepala Subbagian Administrasi Akademik PIP Semarang, Andri Yulianto menyampaikan bahwa PIP Semarang membuka formasi untuk 120 calon taruna. Jumlah ini sama dengan tahun sebelumnya. “Tahun lalu jumlah peserta yang memenuhi passing grade melebihi kuota formasi kami, sehingga peserta yang mendaftar formasi PIP Semarang yang memenuhi passing grade dan mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) kami alihkan ke Sekolah Kedinasan lain yang masih belum terpenuhi kuota dan masih linear. Misal sama-sama Ilmu Pelayaran yang ada di Makassar, pengalihan ini setelah melalui proses konversi nilai SKD dan TPA dan dengan sistem ranking. Harapan kami tahun ini formasi kuota kami juga dapat terpenuhi dengan mendapatkan calon taruna terbaik” jelas Andri.

Andri menambahkan bahwa setelah SKD akan ada tahapan Seleksi Tes Potensi Akademik (TPA) yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2019 bersamaan dengan peserta yang reguler dan tetap menggunakan sistem ujian dengan CAT BKN.

Ahyu Wulandari selaku Kepala UPT BKN Semarang menyampaikan bahwa pelaksanaan SKD di titik lokasi PIP Semarang berjalan dengan lancar, tidak ada hambatan atau permasalahan di lapangan. Ahyu juga melaporkan bahwa dari 2.558 peserta yang berhak mengikuti SKD di PIP Semarang, yang hadir mengikuti SKD berjumlah 2.425 peserta dengan nilai tertinggi 420 dan terendah 175. “Terdapat 133 peserta yang tidak hadir dan dari 2.425 peserta yang hadir yang memenuhi passing grade terdapat 298 peserta dan sisanya 2.127 tidak memenuhi passing grade” tutup Ahyu. wik