10
Des

PNS BKN Harus Berintegritas, Cerdas, dan Beretos Kerja

412 Pelamar CPNS BKN Ikuti TKB Berbasis CAT

Jakarta-Humas BKN, Selain cerdas, para PNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) harus berintegritas dan memiliki etos kerja yang baik. Hal ini dikarenakan instansi pemerintah membutuhkan para pegawai yang mempunyai ketiga aspek tersebut agar pelayanan publik berjalan optimal. Untuk itu, telah dirancang Tes Kompetensi Bidang (TKB) berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara komprehensif guna menjaring CPNS BKN yang profesional dan bermartabat. Arahan ini disampaikan Kepala BKN Eko Sutrisno kepada para pelamar CPNS BKN yang mengikuti di gedung CAT BKN Pusat Jakarta, Rabu (10/12). Ikut hadir dalam kegiatan ini Plt.Sekretaris Utama S.Kuspriyomurdono dan para pejabat terkait lainnya.

TKB.1

Kepala BKN Eko Sutrisno (berbatik) memberikan arahan kepada para pelamar CPNS BKN yang mengikuti TKB berbasis CAT BKN

Eko Sutrisno pun menegaskan bahwa penerimaan CPNS BKN berlangsung secara transparan, obyektif, dan kredibel. Ada pun hasil akhir nilai pelamar CPNS (scoring) adalah berdasarkan kombinasi nilai Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan persentase 60 persen dan TKB dengan persentase 40 persen. “Semua prosesnya dikoordinasikan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Penerimaan CPNS” ungkapnya.

TKB3

Wakil Kepala Bima Haria Wibisana (paling kiri) menyajikan arahan kepada para pejabat yang menjadi interviewer

Sebelum dilangsungkan wawancara terhadap para pelamar CPNS BKN, Wakil Kepala Bima Haria Wibisana mengartikulasikan pentingnya proses interview sebagai bagian tidak terpisahkan (intergral) guna mendapatkan SDM berkualitas dan berintegritas.

TKB2

Para pelamar CPNS BKN tengah diwawancarai para pejabat terkait

Menurut informasi yang disajikan Biro Kepegawaian BKN,  TKB yang berlangsung Rabu (10/12) ini diikuti 412 pelamar CPNS, terdiri 110 pelamar yang ikutdi BKN Pusat dan 302 peserta di 12 Kantor Regional (Kanreg) BKN. Ada pun Wawancara berlangsung Rabu dan Kamis (10-11/12) berdasarkan jadwal yang ditentukan. Dalam wawancara tersebut, setiap pelamar CPNS menjawab sejumlah pertanyaan dari para pejabat yang ditunjuk. (aman-agus)