06
Feb

“Jaga Pola Tidur dan Makan, Konsumsi Vitamin dan Air Hangat Jadi Tips agar Petugas CAT BKN Selalu Bugar”

Foto: suba

Semarang-Humas BKN, Berbeda dari Titik Lokasi (Tilok) Tes CPNS lainnya, yang menarik dari Tilok Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah kepedulian salah seorang Pranata Laboratorium (yang bertugas di bagian teknisi IT) terhadap Petugas/Tim CAT BKN. Adalah Mustafa Daru Affandi (35th), di sela-sela kesibukannya menyempatkan diri memberikan pemeriksaan kesehatan kepada Tim CAT BKN pada tilok Unnes Semarang, Kamis (6/2/2020).

Daru memberikan 4 Tips agar Petugas CAT BKN tetap prima saat bertugas maupun selalu siap untuk ditugaskan kembali pada tempat Tilok berikutnya. Menurut Daru, pertama yang harus diperhatikan adalah pola tidur. Daru berpesan agar petugas memiliki waktu tidur yang cukup. “Dari tidur yang cukup, yang dijaga adalah jantung,” menurut Daru. “Jadi setelah acara selesai upayakan langsung istirahat, tidak berwisata atau jalan malam,” katanya.

Yang kedua, menurut Daru yang juga lulusan Analis Kesehatan, adalah pola makan. “Hindari makan berlemak. Karena adaptasi pada tempat baru mengakibatkan sedikit perubahan pada pencernaan. Gejala ini bisa dirasakan dengan mudah, misalnya pada saat mules tapi tidak bisa buang air besar, atau bisa buang air tapi cuma sedikit,” imbuhnya.

Tips yang ketiga, menurut Daru adalah dengan mengkonsumsi vitamin. “Usahakan bukan vitamin dalam bentuk kimiawi, melainkan alami. Contohnya konsumsi buah segar. Jadi kalau ngemil jangan roti atau ciki ciki, tapi buah segar,” ujar Daru melanjutkan. Tips keempat, menurut Daru adalah meminum air hangat. “Air hangat akan mampu menghindarkan kita dari serangan batuk pilek,” papar Daru.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Tim CAT BKN di Unnes, Subali, membenarkan bahwa Timnya memang mengalami kelelahan dan penurunan stamina. “Kami kerja over time, demi seleksi CPNS, demi Merah Putih. Jam kerja biasa adalah 8 jam perhari. Pada saat bertugas seleksi CPNS kami berangkat 5.30 WIB dan untuk yang 5 sesi, pulang paling cepat 19.30 WIB dari lokasi,” imbuhnya.

Pihaknya sangat berterimakasih sekali atas kepedulian Daru memberikan pemerikasaan cuma-cuma. “Ini memberikan motivasi dalam menjaga kondisi tetap prima selama bertugas dan siap untuk ditugaskan kembali,” pungkasnya. bal