07
Des

Presiden Ingatkan Semua Pihak Untuk Belajar dari Kesalahan

Jakarta – Humas BKN, Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2018 secara langsung diserahkan oleh Presiden Joko Widodo ke semua Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) pada Rabu (6/12/2017) di Istana Negara Bogor, Jawa Barat. Dalam penyerahan DIPA tersebut, Presiden Joko Widodo berpesan kepada seluruh pihak untuk belajar dari kesalahan masa lalu guna memperbaiki kualitas anggaran. “Sangat kebangetan sekali kalau kita sudah tahu, kalau itu keliru, kalau itu salah, masih kita ulang-ulang,” ujarnya mengingatkan.
Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan penyerahan DIPA kali ini lebih cepat dibanding tahun lalu. “Dengan penyerahan DIPA yang lebih cepat, maka perencanaan belanja negara dapat lebih optimal, sehingga diharapkan berdampak pada perekonomian nasional,” ujarnya.

Pada 2018, lanjut Askolani, ada beberapa program yang menjadi perhatian pemerintah, yakni mengurangi kesenjangan sosial dan mengurangi kemiskinan, serta percepatan program pembangunan infrastruktur. “Pembangunan infrastruktur ini menjadi kebutuhan pokok Indonesia. Kalau infrastruktur dibangun, investasi akan masuk dan akan mengurangi pengangguran,” pungkasnya. ber