18
Nov

Prosedur Pengelolaan Assessment Center BKN Di Sempurnakan

ses

Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti saat membuka acara Sosialisasi Draft Peraturan Kepala (Perka) BKN (foto : mia)

Jakarta-Humas BKN, Sebagai instansi Pembina Jabatan Assessor yang juga menangani masalah assessment center, BKN berencana memanfaatkan Assessment bukan hanya untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), tetapi juga meliputi pejabat administrator, pejabat pengawas termasuk jabatan fungsional tertentu (JFT). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti saat membuka acara Sosialisasi Draft Peraturan Kepala (Perka) BKN tentang Penyelenggaraan Assessment Center dan draft Perka BKN tentang Akreditasi Lembaga Penilaian Kompetensi, di Kantor BKN Pusat Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Usman Gumanti menyampaikan bahwa pedoman pengelola Assessment Center bukan hanya mengatur tentang kompetensi manajerial semata, akan tetapi juga menilai potensi SDM Aparatur yang meliputi dimensi dasar kecerdasan, pengembangan individu, kemauan belajar, karir, kinerja, pengetahuan teknis serta fungsional. Sementara berkaitan dengan jabatan assessor, Usman menegaskan bahwa jabatan fungsional ini adalah jabatan prestisius, begitu juga fasilitas assessment center yang menjadi incaran banyak pegawai ataupun instansi, oleh karenanya perlu adanya pedoman yang jelas juga adanya pembakuan akreditasi untuk instansi yang telah memiliki fasilitas tersebut.

Berkaitan dengan pedoman penilaian kompetensi PNS, BKN telah menerbitkan Perka BKN Nomor 23 Tahun 2011 tentang pedoman penilaian kompetensi PNS. Dengan berkembangnya kebutuhan akan penggunaan assessment ini, BKN segera menindaklanjutin dengan melakukan penyempurnaan dan juga pembuatan Perka yang berkaitan dengan akreditasi penyelengaraan Assessment Center dan berisikan berbagai hal terkait Penilaian Kompetensi Manajerial akan lebih diluaskan dengan memasukkan berbagai prosedur seperti: prosedur atau mekanisme penilaian kompetensi yang bersifat penyelesaian administrasi, perencanaan penilaian kompetensi, Hasil Penilaian Kompetensi serta prosedur atau mekanisme pelaporan hasil penilaian. andita/fuad