15
Apr

Pusbang ASN-BKN Implementasikan Agent Of Change Project

Ahmad Jalis

Kapusbang ASN-BKN, Ahmad Jalis. (dok Humas BKN)

Ciawi-Humas BKN, Setiap penyelenggaraan Diklatpim harus menerapkan Proyek Agent Of Change instansi, termasuk yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN-BKN). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat (Kapus) Pengembangan ASN-BKN Ahmad Jalis usai membuka Orientasi Mentor dan Coach Pelaksanaan Diklatpim IV di Pusbang Ciawi-Bogor, Jum’at (15/4/16).

Lebih jauh Ahmad Jalis menyampaikan bahwa Proyek Agent Of Change dirancang dan dilaksanakan melalui sistem pembelajaran on campus dan off campus yang berfokus pada aksi melakukan inovasi sesuai dengan tugas fungsi dan lingkup jabatan peserta. Ahmad Jalis menekankan bahwa keberhasilan proyek perubahan tersebut tidak terlepas dari peran coach dan mentor. “Coach membantu menggali potensi, memampukan peserta dalam menemukan dan memimpin inovasi. Sementara mentor mampu menjadi inspirator, membimbing/berbagi pengetahuan keahlian, pengalaman, memberikan dukungan dan memantau pelaksanaan proyek perubahan,” pungkas Ahmad Jalis.

Implementasi Proyek Agent Of Change dalam Diklatpim mengacu pada Peraturan Kepala LAN Nomor 17, 18, 19 dan 20 tahun 2015. SE Kepala LAN Nomor 135 Tahun 2015, 13/K.I/HKM.02.3. Selanjutnya untuk memperkaya pengetahuan dan mensukseskan Proyek perubahan dalam Diklatpim tersebut, Pusbang-BKN menggandeng fasilitator dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). agus