25
Nov

Puspenkom BKN Lakukan Uji Coba Alat Ukur Penilaian Kompetensi Virtual

Jakarta – Humas BKN, Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) ASN melakukan uji coba alat ukur penilaian kompetensi berbasis virtual. Uji coba dilakukan kepada 100 pegawai pejabat administrasi dan jabatan fungsional madya ke bawah yang berasal dari 27 unit kerja yang ada di lingkungan Kantor BKN Pusat Jakarta, pada Kamis (25/11/2021) di Ruang CAT Gedung I BKN.

Kepala Puspenkom ASN, Wakiran, dalam laporannya menjelaskan bahwa pengembangan alat ukur ini didesain secara online sehingga peserta dapat mengikuti assesment dari mana saja. Alat ukur ini juga didesain untuk dapat menilai 9 (sembilan) kompetensi manajerial dan sosio kultural sekaligus mengukur kompetensi literasi digital yang wajib dimiliki oleh setiap ASN agar dapat beradaptasi dengan atmosfer transformasi berbasis digital.

(foto: End)

Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara, Supranawa Yusuf dalam arahannya berharap unit kerja Puspenkom dapat terus melakukan perbaikan dan pembaharuan alat ukur sehingga assesment yang dilakukan ke depan dapat semakin masif.

Yusuf juga mengingatkan kepada Puspenkom untuk selalu berkolaborasi dengan Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN agar aplikasi assesment ke depan dapat terintegrasi dengan data ASN di seluruh Indonesia. “Pengembangan aplikasi ini merupakan hasil kerja sama dengan PT Ara Indonesia yang merupakan konsultan assesment center. Penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas hasil penilaian untuk memenuhi kaidah-kaidah sebagaimana yang ditentukan dari norma akademis sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik,” lanjut Wakiran pada sambutannya. dit