28
Nov

Puspenkom BKN, Pejuang Sistem Merit Melalui Pembangunan Manajemen Talenta

 Bandung-Humas BKN, Pusat Pengembangan Kompetensi (Puspenkom) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Tahun 2019 di Bandung pada Rabu (27/11/2019). Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, dan Asesor SDM Aparatur di lingkungan BKN.

Supranawa Yusuf yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas SDM dilakukan dalam rangka menerapkan atau merealisasikan manajemen ASN. (foto: ika)

Sekretaris Utama (Sestama) BKN, Supranawa Yusuf yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas SDM dilakukan dalam rangka menerapkan atau merealisasikan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan sistem merit sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Puspenkom BKN merupakan pejuang penerapan sistem merit melalui pembangunan manajemen talenta dengan proses mapping atau pemetaan talent berdasarkan penilaian potensi dan kompetensi secara akurat dan kredibel. “Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan SDM, metode, sarana dan prasarana melalui upaya strategis yang lebih cepat, efektif dan efisien dengan penilaian yang akurat,” ujar Sestama.

Kepala Puspenkom BKN, Purwanto menjelaskan bahwa BKN memiliki peran dalam melakukan membina kepegawaian dan pengembangan kompetensi ASN.

Kepala Puspenkom BKN, Purwanto menjelaskan bahwa BKN memiliki peran dalam melakukan membina kepegawaian dan pengembangan kompetensi ASN. Namun dalam melaksanakan peran tersebut Puspenkom menghadapi beberapa tantangan, yaitu menjadi leader of assessment dan digitalisasi. “Untuk menjadi leader of assessment, diperlukan pengaturan mekanisme dan pengembangan instrumen yang akurat dan dapat mendukung tugas-tugas BKN dalam mengembangkan kompetensi SDM,” ucapnya.
Sebagai bagian dari peningkatan kapasitas SDM, Puspenkom BKN memberikan penghargaan dengan tiga kategori yaitu Asesor Terbaik, Administrator Terbaik, dan Tester Terbaik kepada tiga Asesor di Lingkungan BKN. kaw

Kategori Asesor Terbaik : Benhard Okta Sabathian P (Kantor Regional BKN X Denpasar)
Kategori Administrator Terbaik : Jul Zweison Ambran (Puspenkom BKN)
Kategori Tester Terbaik : Yuliza Hairunnisa (Puspenkom BKN)