16
Des

Rayakan HUT ke-16, DWP BKN Gelar Seminar Parenting

10345535_710456469085985_6316295713842800460_n

Anggota Dharma Wanita Persatuan Badan Kepegawaian Negara (Dok:Kis)

Jakarta-Humas BKN, Memperingati Hari Ibu ke-87 yang bertepatan dengan HUT ke-16 Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKN, digelarlah seminar parenting dengan tema “Pola Asuh Ramah Otak”, Selasa (15/12/2015) di aula BKN Pusat, Jakarta.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan yang mengangkat tema Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan Menuju Ketahanan Keluarga tersebut, ketua DWP BKN, Sriyanti mengatakan penyelenggaraan seminar bertujuan makin mematangkan peran perempuan dalam keluarga sebagai central of excellent. “Kami berharap melalui kegiatan ini akan mendukung lahirnya orangtua-orangtua yang bisa menjadi panutan dan mendukung kelanjutan program kesejahteraan keluarga,” jelas Sriyanti.

Sementara itu pembicara seminar, Wahyu Farrah Dina dari International Heritage Foundation dalam paparannya mengatakan bahwa orangtua adalah arsitek otak anak. Kita sebagai orangtua harus menjaga agar emosi positif yang senantiasa berkembang dalam diri anak. Dijelaskan Farrah otak manusia terbagi dalam tiga bagian, yakni neokorteks (bagian untuk berpikir), amigdala (bagian yang mempengaruhi emosi manusia dan otak reptil (bagian yang memberi ‘perintah bertahan/menyerang). “Ketika emosi negatif yang lebih sering terbentuk, maka akan muncul hormon racun yang akan menstimuli amigdala bekerja lebih keras dan akan memutus sambungan sel-sel otak,” jelas Farah. Itu sebabnya, sambung dia, orangtua sebisa mungkin harus menciptakan pola hubungan yang menstimuli lahirnya emosi positif dalam diri anak. dep