01
Feb

Respons Isu Hoax di Media Sosial, Pemerintah Bentuk Satuan Tugas

Jakarta – Humas BKN, Pemerintah melalui kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merespons maraknya isu hoax di media sosial dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Media Sosial. Satgas yang beranggotakan seluruh pengelola media sosial kementerian/lembaga (K/L) ini nantinya bahu membahu dalam menyiapkan data dan fakta untuk kontra opini isu hoax. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Rosarita Niken Widtyastuti saat Rapat Pengelola Media Sosial K/L di Kemenkominfo, Rabu (1/2).

Lebih lanjut Niken menjelaskan jika kendala Pemerintah saat ini dalam merespon isu hoax adalah kurangnya edukasi secara baik ke masyarakat, baik secara dialog langsung maupun melalui alat komunikasi lainnya.

“Isu hoax yang beredar kemudian menyebabkan terciptanya persepsi masyarakat yang beragam. Dampak lain yakni meledaknya emosi masyarakat hingga limitasi terhadap info yang valid,” ujar Niken.

“Untuk mengatasi hal itu, Pemerintah perlu bersinergi,” terang Niken.

Niken Berharap, Rapat Pengelola Media Sosial K/L dapat menjadikan Satgas Media Sosial (K/L) lebih sensitif terhadap isu, mengolahnya menjadi konten yang positif untuk kemudian didiseminasikan melalui kanal-kanal media sosial setiap hari.

“Produksi konten positif setiap hari. Dengan komunikasi lancar, informasi menjadi benar,” pungkasnya. Berry