21
Okt

Responsif akan Masukan Publik, BKN Kembangkan Website Society 5.0

Pimpinan Redaksi Mojok.co, Prima Sulistya. (capture : Tim PBIP)

Jakarta – Humas BKN, Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) BKN terus berupaya mengembangkan kualitas konten pemberitaan informasi kebijakan dan kinerja Pemerintah agar semakin dekat dengan publik sebagai penerima informasi, baik melalui kanal website dan media sosial BKN. Untuk itu BHHK menggagas diskusi pembelajaran dengan melibatkan pengelola institusi media massa dan perusahaan swasta populer untuk bertukar pengalaman dalam mengelola konten informasi dengan cara kekinian sebagai bagian langkah responsif menyikapi perubahan yang cepat.

Sharing knowledge dikemas melalui Workshop Pengembangan Website BKN bertajuk Website for Society 5.0: Keep It Fresh, Keep It Exciting, secara virtual, Selasa (20/10/2020), bersama narasumber dari Pimpinan Redaksi Mojok.co, Prima Sulistya, dan UX Writer Gojek, Wulandari Jenar.

UX Writer Gojek, Wulandari Jenar. (capture: Tim PBIP)

Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf yang hadir membuka diskusi berpesan agar pengelolaan konten pemberitaan BKN, khususnya menyangkut informasi kebijakan manajemen ASN dikemas lebih informatif. Selain itu, Wakil Kepala BKN mengingatkan para pengelola kehumasan BKN untuk semakin responsif terhadap masukan publik. “Sikap lebih responsif sudah semestinya kita lakukan karena publik juga ikut berperan dalam memberikan informasi kepada kita”.

 

Menyambung dari pesan yang disampaikan Wakil Kepala BKN, Pemred Mojok.co, Prima Sulistya mengatakan bahwa konten informasi kebijakan atau kinerja Pemerintah juga dapat dikemas dengan gaya yang ringan, simpel, clear, bahkan jenaka. Menurutnya institusi pemerintah dapat mengadopsi cara-cara kekinian untuk mengemas informasi, termasuk berinteraksi di media sosial. “Menurut saya sejumlah Institusi Pemerintah masa kini sudah mulai mengikuti gaya kekinian dalam mempublikasikan informasi kebijakan atau program, malah ada yang mengemas dengan bentuk jenaka atau meme, justru menarik, lucu, dan mudah ditangkap,” terangnya.

Senada dengan itu, UX Writer Gojek Wulandari juga berbagi mengenai perencanaan penyusunan konten yang dilakukan di Gojek melalui metode UX Writing. Wulan membagikan pengalaman workflow yang dilakukan Tim UX Writing dengan cara kerja kolaboratif. “Untuk pengemasan konten yang menarik dan informatif, Tim Humas BKN idealnya memang dilibatkan sejak awal penggarapan produk, sehingga dapat memberikan masukan dan menerima feedback dari tim produksi mengenai tujuan informasi yang diinginkan untuk diketahui user atau pengguna,” imbuhnya.

Pada bagian akhir, diskusi seputar persiapan pembaharuan website BKN dilakukan bersama Direktur Pusat Pengembangan Sistem Seleksi selaku Plt Direktur Infrastruktur Teknologi Informasi BKN, Mohammad Ridwan, Direktur Status dan Kedudukan Kepegawaian selaku Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, dan Kepala Bagian Publikasi dan Hubungan Media Diah Eka Palupi. Guna memperkuat kolaborasi antarpengelola kehumasan di BKN, BHHK BKN juga turut mengundang perwakilan unit – unit terkait di BKN Pusat dan 14 Kantor Regional (Kanreg) BKN yang tersebar di seluruh Indonesia untuk hadir dalam acara ini. des/nov