08
Nov

Responsivitas Humas Pemerintah Dengan Gaya Kekinian, Bentuk Sentimen Positif Publik

Tanah Datar – Humas BKN, “Setiap ASN menjadi pembentuk citra bagi instansinya.” Pernyataan itu disampaikan Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada jajaran pegawai Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada Selasa (07/11/2017) dalam acara Sosialissasi PP 11/2017 dan acara Kehumasan Pemerintah di Pemkab Tanah Datar, Sumatera Barat di Kantor Pemkab Tanah Datar.

“Setiap ASN menjadi pembentuk citra bagi instansinya.”Ujar Ridwan. (foto: des)

Pada kesempatan itu Ridwan menyampaikan pengalaman tim humas BKN dalam mengelola pemberitaan CPNS 2017 yang cukup menyita energi tim humas, khususnya dalam menghadapi ragam sentimen publik pelamar. Menurutnya hal itu menguji tingkat responsivitas humas BKN kepada publik. “Dengan kita merespons pertanyaan atau keingintahuan publik secara tidak langsung kita mengedukasi mereka lewat pemberitaan yang tepat secara terus menerus dan itu mengantarkan citra positif BKN ke publik, ” ungkapnya.

“Kita mengedukasi mereka lewat pemberitaan yang tepat secara terus menerus dan itu mengantarkan citra positif BKN ke publik, ” ungkapnya. (foto: des)

Menurutnya, humas Pemerintah termasuk humas Pemkab Tanah Datar harus mendeteksi dinamika cara komunikasi yang sedang berkembang saat ini di masyarakat atau yang lazim dikenal dengan istilah gaya kekinian. ¬†“Jangan terpaku pada gaya pemberitaan yang kaku. Gunakan media-media yang dekat dengan segmen publik yang kita sasar. Misalnya saja humas BKN dalam mengelola komunikasi publik kepada pelamar CPNS 2017 lebih banyak bermain lewat linimasa seperti facebook, twitter, dan instagram, karena memang publik pelamar CPNS didominasi oleh kaum milenial yang gemar berkomunikasi dan berinteraksi melalui media sosial tersebut, ” ujarnya. des

 

“The effectiveness of communication is not defined by ¬†communication but by the response”

(Milton Ericson, Psikolog)