26
Feb

Sebanyak 26 PNS Jalani UPKP, Ujian Dinas Tingkat I dan II di BKN Pusat

Jakarta – Humas BKN, Biro Kepegawaian bersinergi dengan Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP), Ujian Dinas (UD) Tingkat I dan Tingkat II di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (26/02/2019). Sebanyak 26 peserta mengikuti ujian tersebut yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan BKN, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Kepala Bagian Pengembangan Pegawai pada Biro Kepegawaian BKN Janry Haposan UP. Simanungkalit menyampaikan bahwa Surat Edaran Kepala BKN Nomor 2/SE/XII/2016 dan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 menjadi dasar pelaksanaan UPKP, UD Tingkat I dan Tingkat II tersebut. Dalam Pasal 69 Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 dijelaskan bahwa pengembangan karier PNS dilakukan berdasarkan kualifikasi, kompetensi, penilaian kinerja, dan kebutuhan Instansi Pemerintah. “Ujian yang bertujuan untuk pengembangan karir PNS ini bukan hanya untuk naik jabatan saja, tetapi juga untuk kenaikan pangkat,”tuturnya.

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan UPKP peserta akan mengikuti ujian yang terdiri dari ujian tertulis dengan materi subtes Kompetensi Dasar, Kompetensi Inti dan Kompetensi Penunjang, dilanjutkan dengan membuat Karya Tulis dan Wawancara di Instansi masing-masing. Selain itu, UD Tingkat I para peserta hanya mengikuti ujian tertulis dengan lima kelompok subtes, sedangkan UD Tingkat II peserta mengikuti ujian tertulis dengan enam kelompok subtes yang dilanjutkan dengan Karya Tulis dan Wawancara. Masing-masing peserta diberikan waktu selama 90 menit dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) untuk menyelesaikan 100 soal untuk UPKP dan UD Tingkat I, serta 130 soal untuk UD Tingkat II. soraya/kaw