18
Jun

Sebanyak 8.244 Peserta akan Ikuti SKD Sekolah Kedinasan Kemenkumham yang Resmi Dimulai Hari Ini

Jakarta – Humas BKN, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mulai digelar pada Selasa (18/06/2019). SKD yang digelar di Kantor Pusat BKN, Jakarta tersebut akan diikuti total 8.244 peserta dengan rincian 3.799 peserta calon Taruna/i Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan sebanyak 4.445 peserta calon Taruna/i Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim). SKD tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto.

Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf menyampaikan bahwa SKD dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) merupakan wadah para peserta untuk bersaing, sehingga peserta harus siap bertarung dan bertanding untuk mengikuti dunia kompetisi tersebut. Selain itu, Sestama BKN menghimbau kepada para orang tua peserta untuk dapat memahami dunia kompetisi dengan tidak tergoda tawaran lulus Sekolah Kedinasan melalui jalur lain karena dapat dipastikan hal tersebut tidak ada dan merupakan penipuan. “Bagi peserta semangat dan hati-hati dalam mengerjakan soal tes, dan bagi orang tua jangan mudah percaya dengan tawaran jalur lain karena seleksi Sekolah Kedinasan dipastikan akuntabel dan transparan,” tuturnya.

Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham, M. Arifin kepada Biro Humas BKN menyampaikan bahwa tahapan SKD merupakan tahap yang akan menentukan perjalanan para peserta selanjutnya. Melalui SKD yang menggunakan CAT tersebut, akan melahirkan Taruna/i sebagai kader masa depan Kemenkumham karena prosesnya sangat akuntabel dan transparan. “Sehingga Kemenkumham akan memperoleh calon Taruna yang memiliki performa, sikap dan mental, juga intelektual yang baik karena sudah melalui tahapan yang akuntabel, transparan dan berkualitas tersebut,” tambahnya.

SKD calon Taruna/i Kemenkumham tersebut akan digelar hingga Sabtu (22/06/2019) mendatang yang terbagi menjadi lima sesi setiap hari, kecuali Jumat (21/06/2019) yang hanya empat sesi. SKD tersebut meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan Nilai Ambang Batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 6 Tahun 2019. nov/kaw