14
Mei

Sekjen Kemenhub: CAT BKN Dukung Implementasi Transparansi Manajemen Kepegawaian

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono yang membuka SKD di BKN Pusat, Jakarta. foto: sofi

Jakarta-HUMAS BKN, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan dari Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan dimulai pada Senin (14/05/2018).

Sebanyak 18.906 Peserta akan mengikuti SKD dengan menggunakan CAT-BKN di 39 Lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia salah satunya di BKN Pusat, Jakarta. Tes tersebut akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 14 Mei hingga 18 Mei 2018 di seluruh Indonesia, kecuali tes yang dilaksanakan di BKN Pusat Jakarta hanya diselenggarakan hingga 17 Mei 2018.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono yang membuka SKD di BKN Pusat, Jakarta menyampaikan CAT-BKN merupakan sebuah sistem yang mendukung implementasi transparansi dalam manajemen kepegawaian. “Siapa pun yang memenuhi standar-standar yang telah ditentukan melalui CAT-BKN, maka mereka dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya,” tegasnya.

Dalam SKD dengan CAT BKN, peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dengan alokasi waktu penyelesaian 90 menit. Komposisi soal yang diujikan terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) sebanyak 35 soal, TIU (Tes Intelejensia Umum) 30 soal, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 35 soal.
Tahapan selanjutnya dalam seleksi Sekolah Kedinasan Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan adalah Tes Potensi Akademik (TPA) di mana daftar peserta akan diumumkan pada 12 Juni 2018.

Djoko Sasono pada kesempatan itu menyampaikan bahwa para peserta adalah calon-calon terbaik Bangsa yang akan birokrasi di masa mendatang, “Ke depan kita membutuhkan orang-orang yang hebat. Melalui CAT-BKN kita akan menemukan orang-orang hebat yang terseleksi dengan ketat”. kaw