24
Feb

Sekretaris Utama BKN: Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN Merupakan Amanat Perpres 2/2015

Jogjakarta – Humas BKN, Pengukuran Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan untuk menyediakan indikator kualitas ASN yang lebih terukur dan memiliki kredibilitas. Hal itu disampaikan Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Usman Gumanti saat membuka Workshop Indeks Profesionalitas ASN yang diikuti pengelola kepegawaian dari seluruh satuan kerja pada wilayah kerja Kantor Regional I BKN Jogjakarta, Kamis (23/2/2017) di Jogjakarta.

Usman melanjutkan, selain untuk mendapatkan reliabilitas ketersediaan data, pengukuran indeks profesionalitas ASN juga diamanatkan oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2015 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Untuk itu, diharapkan pelaksanaan workshop guna mengukur indeks profesionalitas ASN menghasilkan data informasi tentang penilaian seorang ASN.

“ASN harus memiliki 3 kompetensi, yakni kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial. Untuk mewujudkan itu, pengukuran atas indeks profesionalitas ASN harus dilakukan,” pungkas Usman. Vino/Berry