10
Nov

Seleksi Pejabat Administrator dan Pengawas BKN Resmi Dibuka, Dua Persyaratan Alami Perubahan

Jakarta – Humas BKN, Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengatur persyaratan bagi PNS untuk bisa mengikuti seleksi calon Pejabat Administrator dan Pengawas pada instansi pemerintah, termasuk Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sejak Kamis, (9/11/2018) melalui Pengumuman Nomor 01/PENG/PANSEL/XI/2017 tentang Seleksi Calon Pejabat Adminstrasi dan Pengawas BKN Tahun 2017 yang ditandatangani Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti, 2 (dua) poin persyaratan pada tiap-tiap jabatan tersebut mengalami perubahan dari seleksi-seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Perubahan yang dimaksud ialah unsur jenjang kepangkatan yang dipersyaratkan. Untuk Jabatan Administrator, pada poin g disebutkan diutamakan memiliki pangkat sekurang-kurangnya Penata Tk I (III/d). Sedangkan untuk Jabatan Pengawas, pada poin g disebutkan diutamakan memiliki pangkat sekurang-kurangnya Penata Muda Tk I (III/b).

Herman.(dok.Humas)

Menanggapi perubahan persyaratan pada seleksi Jabatan Administrator dan Pengawas, Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat Herman di ruang kerjanya, Jumat (10/11/2017), mengatakan jika itu merupakan amanat dari PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Selain itu, Herman menambahkan jika hal tersebut justru membuka kesempatan lebih luas bagi PNS di lingkungan BKN untuk ikut seleksi. “Justru kesempatan terbuka lebar, (kalau) sebelumnya untuk ikut seleksi (Jabatan) Pengawas kan harus III/b, kini PNS yang belum (memiliki pangkat) III/b pun bisa ikut bertarung secara terbuka. Sama halnya dengan Jabatan Administrator. Jadi saya kira bagus bagi karir PNS ke depannya,” ucapnya. Namun demikian, Herman berpesan, “Bagi PNS yang berminat ikut seleksi, untuk juga memperhatikan persyaratan yang lain,” pungkasnya. ber