19
Okt

Sembilan K/L/D Terima Akreditasi Penyelenggara Penilaian Kompetensi dari BKN

Jakarta – Humas BKN, BKN melalui Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom ASN) menyerahkan hasil Penilaian dan Pengakuan Kelayakan (akreditasi) Lembaga Penyelenggara Penilaian Kompetensi Instansi Pemerintah tahun 2020 kepada 9 (sembilan) Instansi Pusat dan Daerah, meliputi Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Lembaga Administrasi Negara, Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hasil akreditasi diserahkan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, Senin (19/10/2020) dan ditayangkan langsung di Youtube BKN. Penyerahan hasil akreditasi juga dilakukan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Akreditasi/Uji kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Tahun 2020, bersama perwakilan Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) di BKN Pusat, Jakarta serta dihadiri oleh para partisipan secara virtual.

Dalam arahannya, Bima mengatakan bahwa BKN akan terus mendorong agar penilaian kompetensi dilakukan dengan teknologi informasi, khususnya di tengah pandemi Covid-19 untuk menghindari pertemuan fisik. Bima juga berharap agar nantinya seluruh Instansi Pemerintah membangun infrastruktur Assessment Center yang mendapat penilaian dan pengakuan kelayakan, sehingga dapat bekerja sama dengan BKN mempercepat penyusunan talent database nasional. “Sejak pandemi Covid-19, BKN terus lakukan inovasi, agar pelayanan publik tetap berjalan termasuk dengan metode Assessment Online yang sudah dilakukan sejak Mei 2020,” terangnya.

Puspenkom ASN merilis data (sampai dengan September 2020) bahwa Instansi Pusat dan Daerah yang telah memiliki Penyelenggara Penilaian Kompetensi berjumlah 52 (lima puluh dua) Instansi, yang dinilai berdasarkan tersedianya Asesor SDM Aparatur di lingkungan instansinya dan telah menyelenggarakan penilaian kompetensi. Dari jumlah tersebut, BKN sudah memberikan akreditasi kepada 6 (enam) Penyelenggara Penilaian Kompetensi pada tahun 2019. Sementara untuk tahun 2020, BKN sudah melakukan penilaian dan pengakuan kelayakan terhadap 9 (sembilan) Penyelenggara Penilaian Kompetensi pada Instansi Pusat dan Daerah. Direncanakan di tahun 2021, BKN akan melakukan penilaian dan pengakuan kelayakan bagi 25 penyelenggara. nsp/des