29
Agst

Sempurnakan Pengelolaan Jurnal Daring, Tim Jurnal BKN Kunjungi LIPI

lipi

Kepala Puskalitpeg BKN Paulus Dwi (kanan) Laksono saat serahkan kenang-kenangan.

Bandung – Humas BKN, Demi memaksimalkan pengelolaan Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS daring milik Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian (Puskalitpeg) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Tim Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS lakukan kunjungan studi ke kantor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), di Bilangan Cisitu, Bandung, Kamis (25/8).

Ketua rombongan yang juga Pelaksana Tugas Kepala Puskalitpeg BKN Paulus Dwi Laksono mengatakan jika studi kali ini murni untuk menimba ilmu tentang bagaimana mengelola jurnal yang sebelumnya tidak berbasis web menjadi berbasis web atau daring.

“Perlu pengetahuan khusus, karena karakteristik jurnal yang berbasis web dan tidak berbasis web tentu berbeda,” ujar Paulus.

Lebih lanjut, Paulus berharap jika pengetahuan tentang impelementasi publishing, manajemen situs, manajemen jurnal, manajemen penerbitan hingga indeksasi diperoleh dan segera diimplementasikan oleh Tim.

Peneliti senior Puskalitpeg BKN Ajib Rakhmawanto menjelaskan jika salah satu jurnal milik LIPI yang menjadi rujukan bagi Tim Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS adalah Jurnal Mekatronika, Tenaga Listrik, dan Teknologi Vehicular atau yang biasa dikenal dengan nama MEV.

Ajib mengatakan jika MEV yang baru berdiri sejak tahun 2012 itu merupakan jurnal internasional yang menyediakan sumber informasi ilmiah bagi para peneliti dan insinyur di lingkungan akademisi, lembaga penelitian, lembaga pemerintah, dan industri.

“MEV merupakan jurnal internasional, walaupun secara praktis MEV ini belum terlalu lama berdiri, namun sudah kokoh dalam pengelolaannya. Oleh sebab itu, tepat bagi Tim Kebijakan dan Manajemen PNS untuk menggali pengetahuan sebanyak mungkin,” tutup Ajib. Berry