26
Agst

Sesma BKN: “ASN Harus Beri Pelayanan Terbaik dan Ikuti Perkembangan Teknologi”

Solo-Humas BKN, Sekretaris Utama (Sesma) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Usman Gumanti menyampaikan materi dalam acara Workshop Peningkatan SDM Aparatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di The Sunan Hotel Solo, Sabtu (26/8/2017).

Mengawali paparannya, Sesma BKN menyampaikan bahwa untuk mendukung terwujudnya sistem kerja yang baik dalam birokrasi, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi teladan dan terdepan dalam memberikan pelayanan kepada publik.

“Keteladanan dalam pelayanan seperti menjaga kesopanan dan memberikan kemudahan dalam pelayanan perlu dilakukan oleh seorang ASN agar publik merasakan peningkatan kualitas layanan birokrasi. Sikap-sikap dalam pelayanan itu perlu diimbangi dengan penyesuaian diri terhadap perkembangan teknologi informasi atau elektronik digital agar pelayanan birokrasi semakin terdepan,” ujar Sesma.

img1503731901800

Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti (tengah) menyampaikan materi di Acara Workshop Peningkatan SDM Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di The Sunan Hotel Solo. Foto : Lug

Nilai prinsip-prinsip pelayanan publik, menurut Usman, sejak tahun 2009 telah dicanangkan. Ia menambahkan, bahwa dalam pelayanan ASN harus bisa memberikan contoh baik dan jangan menjadi cermin yang tidak baik.

“Tipe kepimpinan dalam birokrasi berbeda-beda, ada yang begitu semangat mengejar target kerja namun ada pula yang hanya punya mimpi saja sehingga tidak memiliki progres kerja,” ujar Usman.

Sesma BKN menambahkan pemimpin yang unggul yakni mereka yang memiliki visi dan strategi serta komitmen menerapkan aturan baik dalam perilaku maupun ucapan.

“Seorang pimpinan harus memberikan contoh sifat dan juga perilaku terpuji,” pungkas Usman di akhir penyampaian materi.

Dalam acara yang dihadiri oleh para ASN dari Kota Surakarta dan sekitarnya ini, BKN membuka stan simulasi Computer Assisted Tes (CAT) BKN sebagai sarana pengenalan sistem yang digunakan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). LJ