17
Mar

Sesma BKN: ASN Pilar Utama Pemerintah dan Pembangunan Bangsa

Usman

“Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pilar utama pemerintah dan pembangunan bangsa,” pernyataan tersebut disampaikan Sesma BKN Usman Gumanti. (foto: fir)

Jakarta-Humas BKN. “Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pilar utama pemerintah dan pembangunan bangsa,” pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Utama (Sesma) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Usman Gumanti dalam acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Jabatan Auditor Kepegawaian (Audiwan), di Ruang Rapat Gd. II lt. 2 BKN pusat Jakarta, Kamis (17/3/2016). Acara tersebut diikuti oleh 56 Auditor Kepegawaian dari sejumlah instansi pusat dan daerah.

Menurut Usman, secara nasional jumlah PNS saat ini kurang lebih 4,5 Juta PNS. Dengan jumlah sebesar itu pemerintah mempunyai kepentingan terkait pemanfaatan sumber daya ASN yang dimiliki Indonesia.

Lebih lanjut Usman mengatakan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dengan tegas menjelaskan kriteria ASN yang dikehendaki oleh pemerintah yaitu profesional, bebas dari intervensi politik, bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), mampu melaksanakan layanan publik kepada masyarakat dan mampu berperan sebagai penjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk bisa mendapatkan ASN seperti yang dikehendaki pemerintah, diperlukan Sistem manajemen ASN yang lebih baik sekaligus pengelola kepegawaian yang andal.

Sementara itu terkait audiwan, Usman menegaskan bahwa seorang Audiwan dalam melaksanakan tugasnya harus berpegang pada kode etik, objektif, mandiri dan selalu bertindak berdasarkan alat bukti. “Yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah” pungkas Usman”.ags