28
Okt

Sesma BKN: CPNS Wajib Penuhi “ANEKA”!

Bogor-Humas BKN, Jika Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebelumny alebih menitikberatkan pada hard competency, Diklat Prajabatan Pola Baru bagi CPNS BKN T.A 2015 berorientasi pada peningkatan kemampuan soft competency atau soft skill yang diterjemahkan ke dalam internalisasi nilai-nilai dasar profesi PNS.

Lebihlanjut Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menegaskan bahwa seluruh CPNS peserta Diklat Prajabatanwajib pahami dan aktualisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS yang diakronimkan ke dalam istilah “ANEKA” yang terdiri dari Akuntabilitas PNS, Nasionalisme, Etikapublik, Komitmen mutu, dan Anti korupsi.

Kelima nilai dasar tersebut selanjutnya dijabarkan Usman sebagai berikut: Akuntabilitas, CPNS BKN dituntut mampu memahami apa saja yang menjadi  nilai dasar dan tanggungjawab profesinya. Nasionalis metentu menjadi satu nilai penting yang wajib diketahui khusunya berkaitan dengan netralitas profesi PNS. Etika berkaitan dengan upaya untuk menjaga martabat sebagai profesi PNS, abdi negara dan menjaga martabat BKN sebagai institusi pemerintah. Komitmen mutu penting untuk dimaknai secara tepat oleh CPNS mengingat hal itu berdampak langsung pada kualitas ASN itu sendiri, jangan bekerja hanya karena perintah, lakukan inovasi dan gunakan kreativitas untuk memperbaiki kinerja organisasi. Anti korupsi harus ditanamkan sejak awal bagi seluruh CPNS BKN, katakan tidak untuk penyimpangan, dan perlu digarisbawahi bahwa di BKN tidak ada yang namanya pelayanan dengan uang, generasi BKN wajib turut mendorong pemerintah untuk melakukan percepatan pemberantasan korupsi di republik ini.

“Perludiingat, keberhasilan CPNS BKN dalam mengikuti Diklat Prajabatan Pola Baru tidak hanya diukur dari kemampuan memahami nilai-nilai dasar profesi PNS tetapi mampu mengaktualisasikan nilai tersebut dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” pungkas Usman dalam Pembukaan Diklat Prajabatan CPNS, Senin (26/10/2015) yang berlangsung di Pusat Pengembangan ASN. (desi-mia)