27
Jan

Sesma BKN: Laporan Keuangan Jangan Sampai Keliru!

Jakarta-Humas BKN, Sebelum memasuki draft penyusunan laporan keuangan BKN semester II T.A 2016, Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menekankan kepada seluruh jajaran pegawai BKN jangan sampai ada kekeliruan dalam penyusunan laporan keuangan karena itu merupakan bentuk pertanggungjawaban dan kredibilitas instansi.

Setiap unit kerja di BKN, pesannya agar rutin mengevaluasi laporan keuangannya. Usman juga ingatkan agar eksekusi penggunaan anggaran wajib mengedepankan transparansi pelaksanaan anggaran. “Lakukan pencatatan yang benar dan tertib, jangan sampai pelaksanaan kegiatan yang dilakukan bulan Juli tapi laporan pertanggungjawabannya di akhir tahun, kan itu keliru, berarti perencanannya tidak benar,” tegasnya.

Dari sisi ketertiban pengelolaan administrasi, Usman menjelaskan bahwa BKN sendiri sudah melakukan amortisasi barang milik negara berupa aset tak berwujud yang sudah dilakukan sejak Juli 2016 lalu. Hal itu dilakukan untuk ketertiban penggunaan anggaran.

Penyusunan laporan keuangan BKN semester II T.A 2016 diawali dengan Workshop Draft Penyusunan yang berlangsung selama 3 (hari) hingga 27 Januari 2017 di Kantor Pusat BKN Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai BKN Pusat dan seluruh Kantor Regional dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. (des)