23
Feb

Sesma BKN: Perlu Ada Kesatuan Paham Menyelesaikan Status & Kedudukan Kepegawaian

Medan-Humas BKN, Sekretaris Utama BKN mengulas kembali fungsi dan tugas BKN yang diatur dalam pasal 47 & 48 UU No. 5 Tahun 2014 tentang pembinaan penyelenggaraan manajemen ASN dalam pertimbangan teknis formasi, pengadaan, perpindahan antar instansi, persetujuan kenaikan pangkat, pensiun dan penyimpan informasi pegawai ASN yang telah dimutakhirkan, serta bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sistem informasi ASN.

Kepada seluruh Pengelola Kepegawaian BKN Pusat/Regional dan BKD Provinsi maupun BKD Kabupaten/Kota, Usman gumanti menegaskan bahwa BKN memiliki tugas mengendalikan seleksi calon Pegawai ASN (CPNS), membina dan menyelenggarakan penilaian kompetensi serta mengevaluasi pelaksanaan penilaian kinerja pegawai ASN oleh Instansi Pemerintah, membina jabatan fungsional di bidang kepegawaian, mengelola dan mengembangkan sistem informasi kepegawaian berbasis kompetensi.

Melalui Rapat Koordinasi Penyelesaian Permasalahan Status dan Kedudukan Kepegawaian yang berlangsung Kamis, (18/2) di Kantor Regional VI BKN Medan, Usman gumanti meminta seluruh Instansi Pusat/Daerah untuk bersikap terbuka dan tegas terhadap penyelesaian status kepegawaian seperti perbaikan/perubahan nama dan atau tanggal lahir, kasus PNS yang tewas dan kasus lainnya.

Untuk mengelola masalah status & kedudukan kepegawaian, Usman gumanti juga menyampaikan bahwa komunikasi seluruh Instansi Pusat/Daerah dan Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian BKN bisa lebih baik lagi sehingga setiap permasalahan yang terjadi di instansinya masing-masing bisa cepat diselesaikan.

“Saya meminta seluruh K/L Pusat dan Daerah benar-benar memberikan informasi tepat yang diperoleh dari Rakor ini kepada pengelola kepegawaian ataupun pejabat yang berkepentingan sehingga ada pemahaman yang sama dalam menafsirkan dan menyelesaikan permasalahan status kepegawaian, permasalahan NIP, perbedaan tanggal lahir/nama, pertimbangan tewas/cacat karena dinas serta permasalahan kepegawaian lainnya,” tandasnya. (des)