25
Jul

Sesma BKN: Realisasi Anggaran harus sejalan dengan Implementasi Program Kerja.

Jakarta-Humas BKN, Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menyoroti pentingnya memperhatikan implementasi program kerja sebagai bentuk realisasi anggaran dalam penyusunan laporan keuangan. Setiap unit kerja pengelola anggaran di lingkungan BKN Pusat dan Kantor Regional (Kanreg) diminta memperhatikan perencanaan dan implementasi program sebagai pertanggungjawaban realisasi anggaran.

Usman juga menegaskan program yang dibuat harus jelas karena berkaitan dengan realisasi anggaran. Penyusunan laporan keuangan juga menjadi penting mengingat laporan keuangan merupakan bentuk capaian anggaran instansi.

“Laporan keuangan harus transparan, apa adanya, tidak ada rekayasa, dan  diselesaikan tepat waktu. Laporan keuangan juga menjadi media evaluasi kinerja setiap unit kerja sebagai wujud pertanggungjawaban,” ujarnya dalam Workshop Penyusunan Keuangan BKN Semester I Tahun 2016 yang berlangsung Senin, (25/7) di Kantor Pusat BKN.

Selanjutnya Sesma BKN mengingatkan seluruh unit kerja untuk mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Instansi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang telah diraih BKN sebanyak 7 kali berturut-turut sejak tahun 2009.

Selain evaluasi program dan penyusunan realisasi angaran semester I Tahun 2016, Sesma BKN juga menyinggung terkait pagu indikatif BKN Tahun 2017 dan rencana kegiatan strategis yang akan dilaksanakan dengan berorientasi pada kebijakan anggaran “Money follow Program” sesuai arahan Presiden RI.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Keuangan Imas Sumakriah menyatakan bahwa laporan keuangan BKN Semester I Tahun 2016 harus disusun sesuai ketentuan Kementerian Keuangan RI yang dijadwalkan penyusunan paling lambat dilakukan 10 Agustus 2016.

Workshop penyusunan laporan keuangan BKN semester I Tahun 2016 diikuti oleh seluruh unit satuan kerja pengelola anggaran BKN Pusat dan Kanreg yang berlangsung hingga 27 Juli 2016 mendatang.(lit/ita)