03
Nov

Setya Utama : Sistem CAT Lebih Adil dan Bersih

Jakarta-Humas BKN, Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Setya Utama menyatakan bahwa tes kompetensi dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT-BKN) berlangsung lebih adil dan bersih. Pernyatakan tersebut disampaikan Setya Utama saat meninjau tes CPNS Kemensetneg dengan menggunakan sistem CAT-BKN di Kantor Pusat BKN Jakarta, Selasa (30/10/2014).

DSC_0026

Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Setneg Setya Utama (kiri).

Setya menegaskan bahwa transparansi pelaksanaan tes CPNS benar-benar terwujud melalui CAT-BKN. “Peserta tes dapat langsung melihat hasil tes setelah selesai ujian, sementara masyarakat bisa melihatnya di layar monitor secara simultan yang tersedia di luar ruangan tes,” ucapnya. Bahkan menurut Setya CPNS pada Kementriannya yang tahun sebelumnya direkrut dengan CAT-BKN merupakan pegawai yang berkualitas, berkinerja tinggi, dan sesuai dengan bidangnya. “CAT-BKN terbukti mampu menggali potensi CPNS,” tegas Setya.

Pusat data Pengembangan Sistem Rekrutmen BKN mencatat bahwa tahun ini merupakan tahun kedua Setneg menggunakan fasilitas CAT-BKN untuk seleksi CPNS. Sementara untuk tahun 2014 ini, TKD yang berlangsung selama tiga hari yang diikuti 2.497 peserta. Peserta yang lolos rencananya untuk mengisi 169 formasi yang tersedia di lingkungan Kemensetneg. Putri/Andra