01
Mar

Sharing Knowledge Kepala BKN Bersama Mahasiswa Psikologi UIN Jakarta

Doc : Kis

Jakarta – Humas BKN, Pagi ini Kamis, (01/03/2018) Kepala BKN Bima Haria Wibisana berbincang bersama mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta lewat forum “Sharing Knowledge” menyoroti pengembangan SDM Indonesia dari kacamata peran psikologi di Kampus UIN Jakarta.

Berbicara tentang kualitas SDM, Bima mengedukasi mahasiswa UIN Jakarta lewat sampel dalam lingkup birokrasi, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menurutnya menjadi pemeran utama dalam pembangunan birokrasi.

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah tampak antusias mendengarkan kuliah umum dari Kepala BKN Bima H. Wibisana. Doc Kis

“Lingkungan yang dinamis butuh ASN yang adaptif, ketertinggalan di birokrasi hanya bisa diubah oleh manusia di dalamnya,” imbuhnya.

Doc : Kis

Dari aspek psikologi, Bima menceritakan bagaimana BKN mendayagunakan bidang psikologi dalam pemetaan dan penilaian kompetensi/potensi ASN di Indonesia, melalui salah satu program prioritas BKN Talent Pool dengan Assessment Center yang dibangun BKN diikuti dengan peningkatan kapasitas Assessor SDM Aparatur di BKN.

Kepada mahasiswa Psikolog UIN tingkat 6 yang hadir, Bima juga memperkenalkan sistem merit yang menjadi terobosan pengelolaan ASN di Indonesia sejak Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN didengungkan pemerintah.

“Sistem merit secara perlahan menggeser paradigma pengelolaan ASN ke dalam basis kompetensi. Data profil ASN yang less competence harus dikikis persentasinya dibanding dengan ASN yang berbobot secara kompetensi,” tambahnya.

Di bagian akhir, Bima menyinggung soal peta kompetensi ASN saat ini, khususnya Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dari hasil Talent Pool JPT yang dilakukan BKN dalam jangka waktu 3 tahun belakangan. des