29
Sep

Sinergi BKN – POLRI Bangun Profesionalisme SDM Kedua Institusi

Polri memberikan suvenir kepada BKN. (Foto: geng)

Polri memberikan suvenir kepada BKN. (Foto: geng)

Jakarta-Humas BKN, Kepolisian Negara RI (POLRI) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali melakukan kerja sama dalam bidang peningkatan profesionalisme sumber daya manusia POLRI dan BKN untuk ketiga kalinya. Kerja sama ini merupakan lanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman antara BKN – POLRI pada Tanggal 19 Juni 2013 yang berakhir pada tanggal 19 Juni 2016, dan sebelumnya pertama kali dilakukan di tahun 2009.

Kesepakatan bersama antara BKN – POLRI tertuang dalam nota kesepahaman nomor B/52/IX/2016 dan 34/K/KS/IX/2016 yang meliputi beberapa kerja sama dalam pemanfaatan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK); pemanfaatan dan pengembangan assessment center; kajian & bantuan teknis perumusan kebijakan gaji, tunjangan, fasilitas, dan pensiun bagi PNS POLRI; bantuan pengamanan, pendampingan, pelatihan, pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT BKN); analisis kebijakan pengisian jabatan ASN oleh anggota POLRI; dan data/informasi PNS yang dilakukan penahanan oleh POLRI.

Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti menyampaikan kerja sama ini akan sangat mendukung kedua institusi, khususnya dalam penanganan PNS yang terlibat tindak pidana yang ditangani oleh POLRI dapat diketahui oleh BKN, sehingga setiap PNS terduga terpidana dapat segera diproses oleh BKN layanan kepegawaiannya.

“PNS yang terbukti pidana tentu harus diberhentikan dengan tidak hormat, tetapi jika BKN tidak menerima dengan segera data atau informasi PNS bersangkutan, ditambah lagi jika pembayaran gaji atau pensiunnya masih berjalan, tentu ini kan merugikan. Dengan kerja sama ini, POLRI akan memberitahukan setiap PNS yang diduga terlibat pidana kepada BKN dan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi bersangkutan,” ungkapnya dalam Penandatangan Kerja sama BKN – POLRI dalam Peningkatan Profesionalisme SDM yang berlangsung Rabu, (28/9) di Mabes POLRI Jakarta.

Assisten Kapolri Bidang SDM, Inspektur Jenderal Polisi, Jodie Rooseto, menyatakan bahwa kerjasama BKN – POLRI akan sangat membantu pihak POLRI, khususnya dalam mendukung SDM POLRI melalui fasilitasi pelaksanaan ujian atau rekrutmen, beberapa ujian atau tes yang diselenggarakan POLRI sudah menggunakan CAT BKN. (des)