17
Agst

Sosialisasi e-PUPNS Wilayah Aceh

e-PUPNS Data PNS yang Akurat, Terpercaya dan Terintegrasi

DSC_0100

Sosialisasi dan Pelatihan Implementasi Sistem e-PUPNS di Wilayah Kerja Kantor Regional XIII BKN Aceh

Banda Aceh-Humas BKN, Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara lakukan sosialisasi dan pelatihan Implementasi Sistem e-PUPNS untuk Wilayah Kerja Kantor Regional XIII BKN Aceh, (13/8). Acara yang bertempat di Aula Kantor PT. Taspen ini dibuka oleh Kepala Kantor Regional XIII BKN Aceh Makmur, dihadiri oleh Direktur Pengolahan Data Kepegawaian I Budi Yuwono serta Kepala Kantor Cabang PT. Taspen (Persero) Banda Aceh Darius Chaniago. Sosialisasi diikuti oleh 24 Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) atau Badan Kepegawaian Daerah Propinsi/Kabupaten, Kota Wilayah yang ada di provinsi Aceh.

Dalam sambutannya, Makmur menjelaskan bahwa e-PUPNS merupakan bagian dari amanat pelaksanaan Undang-Undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, khususnya tentang sistem informasi ASN. Sebagai Kantor Regional BKN yang masih muda usianya, Makmur sangat mengapresiasi atas kedatangan dan keikutsertaan para pejabat dan staff IT dari masing-masing kantor BKPP BKD.

Pelaksanaan e-PUPNS ini berpedoman pada Peraturan Kepala BKN nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015. e-PUPNS atau pendataan ulang PNS secara elektronik merupakan proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/daerah sesuai dengan kewenangan masing-masing. Dengan dilakukannya e-PUPNS diharapkan akan menghasilkan data PNS yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, dan mampu menyederhanakan birokrasi serta menciptakan administrasi kepegawaian yang terstruktur.

Adapun pelaksanaan e-PUPNS dilakukan pada bulan September hingga November tahun 2015. Perlu menjadi perhatian bahwa ada konsekuensi tegas bagi PNS yang tidak melaksanaan e-PUPNS dengan tidak melaksanakan peremajaan data pada waktu yang telah ditentukan akan berakibat data PNS yang bersangkutan dikeluarkan dari data kepegawaian nasional, yang mana hal itu akan berakibat pelayanan mutasi kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses.

Pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan implementasi ini dilakukan selama dua hari, Kamis dan Jumat (13-14/8) diikuti oleh 45 pejabat dan pegawai BKPP BKD serta 15 pegawai dari Kanreg XIII BKN Aceh. fhu/kis