08
Nov

Suksesi Kepemimpinan Jadi Tema Penelitian Puskalitpeg

Jakarta-Humas BKN, Pusat Pengkajian dan Penelitian (Puskalitpeg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menyelenggarakan seminar proposal penelitian yang mengambil tema suksesi kepemimpinan di Kantor Pusat BKN, Kamis (7/11/2019). Haryomo Dwi Putranto, Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian turut hadir memberikan arahan sekaligus membuka seminar proposal tersebut. Beberapa narasumber lain yang juga hadir yaitu Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN (Puspenkom ASN), Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian (Pusbin JFK), perwakilan dari Biro Perencanaan serta perwakilan dari Pendidikan Ilmu Kepegawaian BKN.

Haryomo menyatakan bahwa suksesi kepemimpinan dimungkinkan sebagai salah satu cara untuk mengisi kekosongan jabatan selain menggunakan seleksi terbuka. (Foto: don)

Haryomo menyatakan bahwa suksesi kepemimpinan dimungkinkan sebagai salah satu cara untuk mengisi kekosongan jabatan selain menggunakan seleksi terbuka. “Di dalam undang-undang (UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN) instansi wajib menyelenggarakan atau mengisi jabatan kosong melalui seleksi terbuka, meskipun di pasal 111 dimungkinkan bagi instansi yang telah menerapkan sistem merit tidak harus menyelenggarakan seleksi terbuka, tetapi boleh menggunakan metode lain, yaitu talent pool (perencanaan suksesi). Dan perencanaan suksesi inilah yang tengah didorong oleh pemerintah,” ungkap Haryomo.

Ajib Rakhmawanto selaku penyaji penelitian mengungkapkan setidaknya ada tujuh hal yang menjadi latar belakang penelitian. Di antaranya yaitu sistem pengembangan karir yang tidak menjadi prioritas, implementasi kebijakan pengembangan karir tidak berjalan dengan baik, politisasi pada pengisian jabatan, serta amanat dari UU Nomor 5 Tahun 2014 serta PP 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Dengan judul Strategi Implementasi Kebijakan Suksesi Kepemimpinan Aparatur Sipil Negara, penelitian mengambil data dari 6 Kabupaten/Kota untuk melihat bagaimana implementasi kebijakan suksesi kepemimpinan dilakukan. Lebih lanjut lagi Ajib mengungkapkan bahwa hanya sedikit dari Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah melakukan perencanaan suksesi kepemimpinan.

Sementara itu Kepala Puspenkom ASN, Purwanto memberi pendapat agar hasil penelitian dapat memberikan gambaran atau model yang dapat dijadikan acuan untuk instansi lain untuk implementasi suksesi kepemimpinan.

Terakhir, Kepala Puskalitpeg, Achmad Slamet Hidayat, menyatakan bahwa penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif ke depan dalam suksesi kepemimpinan di BKN maupun instansi pemerintah lainnya. han