21
Mar

Tahun 2016, BKN Targetkan 1.300 Talent Pool JPT

IMGL7760 copy

Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi BKN Aris Windiyanto. (foto:kis)

Jakarta-Humas BKN, Setelah berhasil menyelenggarakan penyusunan Talent Pool sebanyak 1.024 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pada level Administrator dan JPT Pratama di Kementerian/Lembaga (K/L) Pusat dan Daerah pada periode Agustus-September 2015 lalu, dengan data peserta Wilayah Barat sebanyak 10 Pemda Kab/Kota, Wilayah Tengah sebanyak 10 Pemda Kab/Kota, dan Wilayah Timur sebanyak 1 Pemda Kab/Kota, BKN kembali targetkan pelaksanaan Talent Pool bagi 1.300 JPT Administrator & Pratama yang tersebar di seluruh K/L Pusat & Daerah di Tahun 2016.

Angka tersebut merupakan bagian dari target BKN untuk melakukan penyusunan Talent Pool +/- 8.150 JPT Pusat & Daerah yang dimulai pada Tahun 2015 hingga 2019 mendatang. Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi BKN Aris Windiyanto mengungkapkan bahwa hasil Talent Pool JPT yang dilakukan BKN dapat menjadi dasar untuk melakukan seleksi lebih lanjut, serta bermanfaat bagi pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial.

Talent Pool JPT dilakukan untuk mendapatkan profil pimpinan tinggi yang potensial sehingga tersedia database JPT,” ungkapnya saat kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Jabatan Assessor SDM Aparatur di Kantor Pusat BKN Jumat, (18/03) dan dihadiri Assessor K/L Pusat & Daerah.

Di sisi lain, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyoroti peran Assessor SDM Aparatur dalam melakukan assess, Bima mengungkapkan bahwa instrumen assessment yang ada saat ini masih kompleks, perlu pengembangan dari segi mekanisme dan sistem assess.

“Untuk itu kapasitas peran Assessor yang dibutuhkan saat ini tidak hanya pada level melaksanakan assess saja, tetapi harus memiliki pengetahuan pada level instrumen/modeling pelaksanaan assess, hingga pada tahap bagaimana mengembangkan instrumen assessment,” tegasnya.

Sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Kepegawaian, BKN melalui Peraturan Kepala (Perka) BKN menerbitkan beberapa pedoman Jabatan Fungsional Assessor SDM Aparatur seperti Perka BKN 24/2013 ttg Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Assessor SDM Aparatur, Perka BKN 6/2014 ttg Pedoman Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Assessor SDM Aparatur, Perka BKN 50/2015 ttg Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Assessor SDM Aparatur, dan Perka BKN 49/2015 ttg Pedoman Penyusunan Karya Tulis/Karya Ilmiah Assessor SDM Aparatur. (des)