18
Okt

Tahun 2018, Kali Pertama CAT BKN Fasilitasi Seleksi Penerima Beasiswa LPDP

foto; mia

Jakarta-Humas BKN, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) BKN Heri Susilowati menyampaikan bahwa tahun 2018 ini, merupakan kali kali metode seleksi Computer Assissted Test (CAT BKN) digunakan dalam seleksi untuk menjaring calon penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Pernyataan tersebut disampaikannya di sela-sela pelaksanaan ujian penerima beasiswa LPDP di Kantor Pusat BKN Jakarta pada Rabu (17/10/2018).

Heri Susilowati menerangkan bahwa sebelumnya CAT BKN digunakan sejumlah instansi untuk seleksi calon mahasiswa pendidikan ikatan dinas dan seleksi pengembangan karir. “Tahun 2018 ini merupakan tahun pertama LPDP menggunakan CAT BKN dalam seleksi penerima beasiswa untuk pendidikan di dalam maupun luar negeri,” ujarnya. Dengan kenyataan itu, Heri meyakini metode rekrutmen/seleksi menggunakani CAT BKN semakin dipercaya masyarakat. Pada kesempatan itu Heri juga menyampaikan bahwa soal ujian dalam seleksi kali ini merupakan kombinasi soal yang dikelola oleh Tim LPDP dan dari bank soal CAT BKN.

Pada kesempatan terpisah, salah seorang Tim LPDP, Adam, menyampaikan bahwa dipilihnya CAT BKN untuk memfasilitasi seleksi penerima beasiswa LPDP telah melalui pertimbangan yang matang. Pertimbangan tersebut di antaranya CAT BKN dikelola oleh SDM berintegritas tinggi dan dinaungi oleh infrastruktur memadai yang tersebar di berbagai provinsidi Indonesia. “Sebenarnya prosesnya dipilih berdasarkan berbagai pertimbangan. Kami memantau metode CAT BKN yang dipercaya dari beberapa kalangan mulai dalam proses rekruitment CPNS dan lain-lain. Kami melihat CAT BKN sudah sistematis dan fasilitasnya ready di berbagai daerah. Selain itu kami jarang sekali menemukan komplain-komplain terkait CAT. Proses pelaksanaan di lapangan juga sangat transparan, hasilnya bisa dilihat langsung secara live dan real time,” tegas Adam.

Perihal transparansi CAT BKN juga diakui salah satu peserta ujian seleksi beasiswa LPDP luar Negeri, Ayu. Menurutnya aplikasi dari CAT sangat bagus dan transparan. “CAT BKN sangat user friendly. Aplikasinya cukup membantu dan mudah dimengerti. Saya sendiri bukan tipe orang yang mengerti teknologi, tapi dengan menggunakan aplikasi itu (CAT BKN-red), tes tadi mudah dilaksanakan,” ujar Ayu yang berencana mengambil beasiswa pendidikan di London. bal/rez

Reporter: Reza (m)

Penulis: Subali

Editor: Palupi