07
Nov

Tak Hanya Mahasiswa, Siswa SMK pun Antusias Dalami Mekanisme Rekrutmen CPNS 2017

Jakarta-Humas BKN, Gema penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2017 tidak hanya perhatian para pelamar yang berasal dari lulusan perguruan tinggi saja, namun juga siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan seputar penerimaan CPNS tahun 2017 dari siswa SMK Negeri 1 Bantul yang mendalami studi tentang Administrasi Perkantoran dan Akuntansi, saat beraudiensi ke Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Selasa (7/11/2017). Para siswa tersebut diterima sejumlah perwakilan dari BKN di antaranya Kepala Bagian Mutasi Kepegawaian Samsiana Sappari, Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antar Lembaga Diah Eka Palupi dan Arsiparis BKN Wening Prasetyo Pamekas. Audiensi digelar di aula Gedung I Kantor Pusat BKN.

Siswa SMK Negeri 1 Bantul beraudiensi ke Kantor Pusat BKN. (foto: kis)

Pada audiensi tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab beberapa pertanyaan yang diajukan para siswa di antaranya mengenai kriteria pelamar, tata cara pendaftaran dan detail pelaksanaan ujian CPNS. Selain itu, tata cara pengelolaan arsip kepegawaian BKN juga menjadi topik yang ditanyakan oleh para siswa. Terkait pengelolaan arsip ini, sejumlah siswa tampak antusias karena sangat beririsan dengan materi yang mereka terima di sekolah.

Samsiana.(foto: kis)

Menanggapi hal tersebut, Samsiana menjelaskan bahwa secara garis besar Ketentuan mengenai penerimaan CPNS tahun 2017 diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi dan pelaksanaannya dimotori oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).
Sementara itu untuk pengelolaan arsip kepegawaian di BKN, Arsiparis BKN Wening menjelaskan jika saat ini sedang dibangun aplikasi digital untuk mengelola arsip-arsip pegawai yang ada di BKN. fransiska/hertina/ber