04
Sep

Percepat Implementasi Sistem Merit, Puspenkom BKN Gelar Talent Pool Tahap II Tahun 2019

Pontianak-Humas BKN, Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) ASN BKN menggelar kegiatan pengukuran potensi dan kompetensi pegawai dalam rangka penyusunan database Talent Pool 2019. Acara yang berlangsung secara paralel di Kantor Regional IV BKN Makassar dan UPT BKN Pontianak ini digelar sejak Selasa (2/9/2019) dan rencananya akan berlanjut hingga esok, Kamis (5/9/2019).

Kegiatan yang berlangsung pasca-penyerahan hasil penilaian potensi dan kompetensi ASN tahap I yang telah berlangsung pada 28 Agustus 2019 itu, di UPT BKN Pontianak tercatat 99 orang mengikuti acara tersebut sementara di Kantor Regional IV BKN Makassar sebanyak 187 orang.

Kepala Puspenkom ASN, Purwanto, dalam pengarahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya percepatan implementasi sistem merit. “Implementasi sistem merit mensyaratkan pengisian jabatan harus memperhatikan unsur kualifikasi, kinerja dan kompetensi tanpa diskriminasi. Hal itu merupakan amanat Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,” jelas Purwanto. Salah satu langkah yang dilakukan BKN melalui Puspenkom ASN, sambung Purwanto, yakni dengan menyediakan data kompetensi dan potensi Pejabat Pimpinan Tinggi dan Administrator. “ Database profil kompetensi dapat dimanfaatkan oleh instansi sebagai salah satu referensi dalam penyusunan program pengembangan karir ASN”.
Purwanto menambahkan, dalam rangka mendorong optimalisasi pemanfaatan Talent Pool, BKN telah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kantor Staf Presiden untuk menggunakan hasil Talent Pool sebagai bagian implementasi strategi nasional (Stratnas) pencegahan korupsi, khususnya dalam mencegah terjadinya jual beli jabatan dalam proses pengisian jabatan di birokrasi. bun/lug