20
Nov

Talent Pool JPT Pemkab Sorong, Inisiasi Awal Database Profil SDM

Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN (Puspenkom) Purwanto (foto tengah).dochumas

Jakarta-Humas BKN, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN (Puspenkom) Purwanto mengapresiasi inisiasi awal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sorong untuk memetakan profil Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemkab Sorong. Menurutnya inisiasi Pemkab Sorong ini langkah tepat untuk membantu BKN dalam membentuk database profil JPT dalam sistem informasi ASN.

“Jika setiap instansi baik lingkungan pusat dan daerah berkomitmen memiliki inisiasi seperti ini, tentu akan membantu BKN dalam menyediakan database profil JPT yang bisa diakses dalam sistem informasi ASN,” tuturnya dalam Pembukaan Penilaian Potensi dan Kompetensi bagi Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Sorong Senin, (20/11) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Diikuti oleh 28 JPT Pratama di lingkungan Pemkab Sorong, Talent Pool ini akan berlangsung pada 20 – 22 November 2017 mendatang. Rangkaian pemetaan potensi dan kompetensi lanjut Purwanto akan meliputi Psikometri, Assess Pemecahan Kasus, Leadership Group Discussion (LGD), dan pada bagian akhir dilakukan sesi interview.

Dalam kurun sepanjang tahun 2017, Purwanto menyampaikan bahwa BKN melalui Puspenkom ASN telah melakukan Talent Pool JPT yang dimulai sejak Februari – Oktober. Talent Pool JPT dilaksanakan bagi Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator.

“Sejak Februari – Oktober 2017 BKN telah melaksanakan Talent Pool 4000 ribu JPT Pratama dan kurang lebih 500 an Pejabat Administrator di 400 an Kabupaten yang tersebar, itu merupakan rangkaian target BKN dalam pelaksanaan Talent Pool JPT 2017,” jelasnya.

Plt Sekretaris Daerah Pemkab Sorong Mohammad Sair Noer juga menyampaikan bahwa inisiasi ini dilakukan untuk melihat potret JPT Pratama yang dimiliki Pemkab. “Terobosan awal ini kita lakukan dengan pertama-tama memastikan SDM JPT yang kita miliki mumpuni sesuai bidang jabatannya masing-masing,” tutupnya. des