31
Jul

Talent Pool Wujud Kesiapan Instansi dalam Menyiapkan Kader Pemimpin

DSC_0025

Sosialisasi Penyusunan Talent Pool JPT pada hari kedua

Jakarta-Humas BKN, ada dua alternatif dalam mengisi jabatan manajerial dalam instansi publik saat ini, mengambil kader pemimpin dari dalam atau luar instansi. Hal ini seiring dengan kebijakan yang telah ditetapkan dalam undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang open bidding untuk jabatan eksekutif. Pengambil kader internal masih dibutuhkan dan dalam menghadapi hal itu, instansi publik perlu mempersiapkannya yakni dengan identifikasi atas talent yang dibutuhkan dan talent yang dimiliki.

Nuraida Mokhsen, anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), saat menyampaikan pemaparan dalam Sosialisasi Penyusunan Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di BKN Pusat Jakarta (29/7) menjelaskan bahwa adanya talent pool di instansi pemerintah adalah sangat diperlukan untuk mempersiapkan internal personel yang mempunyai potensi kepemimpinan sekaligus meningkatkan loyalitas PNS tersebut agar bertahan di instansi tempat dia bekerja. Jika hal itu tidak dilakukan, instansi akan memerlukan pegawai dari instansi lain dalam bentuk rekrutmen dimana butuh waktu yang lama dalam pelaksanaannya selain kandidat yang didapat belum tentu sesuai dengan apa yang diharapkan organisasi.

DS96 copy

Salah satu peserta Sosialisasi Penyusunan Talent Pool JPT pada hari kedua saat mengajukan pertanyaan

“Adanya talent pool bukan berarti tidak lagi memerlukan seleksi dalam pengisian jabatan, akan tetapi talent pool dapat mempercepat proses seleksi,” jelas Nuraida. Ada tiga unsur untuk melakukan penyusunan talent pool, yakni skill, knowledge, dan performance. Meskipun demikian, Nuraida juga menjelaskan bahwa bahwa ekternal rekrutmen masih bisa dimungkinkan dan juga sebagai proses dinamisasi internal. Namun untuk proses kaderisasi sekaligus menyelaraskan antara kebutuhan organisasi dengan kompetensi serta talent internal personel, maka proses talent pool menjadi pilihan terbaik dan perlu dipersiapkan. fhu