19
Nov

Tauchid Djatmiko: 4 Pilar Menuju ASN Profesional dan Bermartabat

Jakarta-Humas BKN, Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 13 tahun 2014 sebanyak 19 orang dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi melaksanakan Studi Banding di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta, Rabu, (19/11/14). Kunjungan tersebut untuk mendalami lelang jabatan secara terbuka sebagaiman telah diterapkan oleh BKN dalam mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi selama ini. Rombongan diterima oleh Kepala Biro Kepegawaian Tauchid Djatmiko, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN Ahmad Jalis, dan Direktur Kompensasi ASN Mukhamad Syuhadhak.

11

Kepala Biro Kepegawaian BKN Tauchid Djatmiko (Kanan)

Tauchid Djatmikomenjelaskan bahwa visi dan misi BKN adalah menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Tahun 2025 untuk mewujudkan hal tersebut di butuhkan empat pilar diantaranya adalah citra bersih, kinerja yang berorientasi pada pelayanan, organisasi yang modern dan kebijakan SDM yang agresif. Oleh karenanya BKN harus terdepan dalam setiap perubahan salah satunya adalah dengan diadakannya Open Bidding (Lelang Jabatan) untuk Jabatan Tinggi Pratama, Jabatan Tinggi Madya dan jabtan Tinggi Utama.

Sementara Mukhamad Syuhadhak menjelaskan bahwa ke depan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan didasarkan pada jabatan yang disandang oleh pegawai dan kinerja dengan diukur dari Sasaran Kinerja Pegawai oleh karena setiap jabatan harus ditetapkan nilai dan gradingnya.
Dalam kesempatan yang sama Ahmad Jalis menjelaskan bahwa bahwa pejabat Pimpinan Tinggi adalah aset nasional oleh karenanya dalam pengangkatan pejabat pimpinan tinggi dalam suatu instansi diwajibkan menggunakan sistem Open Bidding. Para calon Pimpinan Tinggi harus mengikuti ujian melalui Assesment Center sebelum menduduki jabatan tersebut. Lebih lanjut Jalis menjelaskan bahwa dalam hal itu, peran BKN sesuai dengan amat UU-ASN adalah menjadi Pembina untuk jabatan fungsional Asesor. Agus