25
Apr

Tekan Hoax dan Pemberitaan Negatif, BKN Benchmark ke Kantor Pemberitaan

Malang – Humas BKN, Praktisi Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat dan Kantor Regional seluruh Indonesia melalui Program Pembinaan Kehumasan menggelar benchmark ke dua Kantor Pemberitaan media bergengsi di Kota Malang : RRI dan TIMES Indonesia, Rabu (25/4/2018).

Melalui kegiatan tersebut BKN yang memiliki komitmen berperan serta menekan merajalelanya hoax dan pemberitaan berkonten negatif bermaksud menguatkan koneksitas dengan kantor pemberitaan dalam publikasi pemberitaan positif secara masif kepada masyarakat.

Dalam menghadapi konten hoax, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada jajaran Pimpinan RRI Malang menyampaikan bahwa BKN dalam beberapa kesempatan dihadapkan dengan pemberitaan palsu soal penerimaan CPNS yang merugikan masyarakat. “Di sinilah peran BKN dituntut cepat menanggulangi berita palsu tersebut, sekaligus mengedukasi publik untuk lebih hati-hati memilah pemberitaan di media massa yang akan dikonsumsi dan disebarluaskan,” ungkapnya.

Sementara menyoroti pemberitaan berkonten negatif, jajaran pimpinan RRI Malang dan TIMES Indonesia menyatakan siap bersinergi dengan BKN dalam menekan penyebaran pemberitaan negatif, khususnya yang akhir-akhir ini marak terjadi di masyarakat.

“Kami mengajak BKN sebagai bagian dari Pemerintah untuk bersinergi dengan media massa dalam penanggulangan konten negatif dan menekan penyebaran isu hoax,” jelas Pimpinan Redaksi TIMES Indonesia Yatimul Ainun didampingi Direktur Pengembangan dan Bisnis Times Indonesia Network (TIN) Sri Widji Wahyuning Utami.

Menurut Ainun, BKN memiliki ruang penting dalam mendukung penetrasi pemberitaan positif, khususnya mengenai reformasi birokrasi di Indonesia. “Pemberitaan positif yang terus menerus disampaikan oleh BKN akan membantu masyarakat untuk teredukasi dengan hal-hal baik yang sudah dilakukan dan diupayakan Pemerintah, yang mungkin belum sampai ke masyarakat,” imbuhnya. des